SAMOSIR-Tercatat, berdasarkan sumber data Biro Pusat Statistik Samosir, persentase dan realisasi penerima Bantuan asosial (Bansos) tahap I hingga saat ini telah mencapai 96% dari seluruh jumlah Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Samosir yang berjumlah 34.260 KK. Demikian disampaikan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir, melalui rilisnya, Rabu (17/6/2020).

"Salam sejahtera untuk kita semua. Bagi masyarakat Samosir dimanapun berada. Kami informasikan, bahwa Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sudah memasuki tahap ke-2 (kedua)," sebut Diskominfo Samosir.

Dijelaskan, secara keseluruhan, hampir seluruh masyarakat Samosir terdampak Covid-19 telah menerima bantuan berbasis Kepala Keluarga (KK), yakni sebanyak 32.905 KK dengan rincian sebagai berikut:

1. Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari Kementerian Sosial sebanyak 17.030 KK

2. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Samosir TA 2020, sebanyak 895 KK

3. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD), sebanyak 7.887 KK

4. Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan NonTunai (BPNT), sebanyak 7.093 KK.

"Demikian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Tetap kita jaga Samosir agar aman dari Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan di setiap aktivitas kita. Horas, horas, horas," tutup Diskominfo Samosir.

Sebelumnya, terkait penyaluran bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menekankan agar menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, bersih, cepat, dan tepat.

“Tetaplah bekerja sungguh-sungguh, hindari penyimpangan,” tegas Rapidin sekaligus memerintahkan agar penyaluran bantuan dapat dilakukan kepada penerima manfaat pada bulan Juni 2020 ini.