SAMOSIR-Dibina oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Kabupaten Samosir, Aljontiwan Sitanggang, Kelompok Tani (Poktan) Jadima, Desa Pardugul, Kecamatan Pangururan, Samosir lakukan penanaman padi kelompok seluas kurang lebih 9 rante dengan sistim legowo guna meningkatkan hasil panen, Selasa (16/6/2020).

Menurut penuturan Aljontiwan, selain dapat meningkatkan produksi padi, keuntungan lain dari pola penanaman itu, guna memperbanyak padi pinggiran.

"Keuntungan sistim legowo, memperbanyak padi pinggiran. Biasanya padi pinggiran lebih bagus. Kedua, pengoptimalan sinar matahari sehingga kelembapan terjaga dan penekanan perkembangan hama dan penyakit. Selanjutnya, untuk penambahan populasi per hektar," paparnya.

Dijelaskan lebih lanjut, penanaman sistim tegel (pola biasa yang akrab digunakan para petani selama ini) hanya mampu menanam sebanyak 250 ribu rumpun per rante, sedangkan dengan sistim legowo 4:1, mampu hingga 400 ribu rumpun. Dengan demikian produksi padi semakin bertambah. "Pola ini juga guna memudahkan perawatan dan pemeliharaan," sebut Aljontiwan.

Dijelaskan, adapun jarak tanam pada sistim legowo, jarak antar batang dalam satu jalur 10 centimeter, dan jarak setiap jalur 20 centimeter. Selanjutnya, setiap empat jalur, diberi jarak hingga 40 centimeter.

Menambahi, Bendahara kelompok, Edward Sinaga menyampaikan, penanaman itu merupakan yang pertama setelah kelompok Jadima terbentuk pada April 2020. "Ini masih yang pertama dan kita rencanakan akan berlanjut seperti ini. Kedepan kita rencanakan untuk penanaman jagung bila masih ada lahan yang bisa kita pinjam pakai seperti lahan padi ini," tutur Edward.

Ia berharap, kelompok yang mereka bentuk dapat berjalan baik dengan tetap mengedepankan kebersamaan dan rasa gotong royong. "Pasti ada tantangan untuk mempertahankan sesuatu, namun kita berharap dengan kedewasaan dan mengedepankan rasa saling memiliki serta gotong royong, kita optimis tetap langgeng, sehingga kelompok Jadima bisa besar guna mensejahterakan seluruh anggota yang tergabung didalamnya," tutup Edward.