MEDAN - Pengurus Wilayah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (PW IPEMI) Sumut melaksanakan pembagian tidak kurang dari 2.500 polybag bibit tanaman cabai (varietas lado dan rawit caplak) gratis untuk para pengurus dan anggota IPEMI kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Penyerahan dilakukan di Balai Induk Hortikultura Gedung Johor Medan, Selasa (16/06/2020), dihadiri para pengurus IPEMI kabupaten/kota yang telah terbentuk.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memberlakukan protokol pencegahan virus corona yakni menggunakan masker dan face shield sebagai APD.

Ketua IPEMI Sumut Hj Yulidar Bugis, SE, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari meeting via aplikasi zoom Ketua IPEMI Sumut dengan para Ketua IPEMI daerah yang dilakukan sebelumnya.

Di mana dalam pertemuan virtual itu terjaring beberapa usulan mengenai program IPEMI Sumut selama pandemi yang difokuskan pada kegiatan bercocok tanam dan perikanan.

Mengingat persoalan pangan dinilai sebagai salah satu persoalan yang mengancam kelangsungan hidup masyarakat di masa pandemi.

“Di masa pandemi ini pantang bagi IPEMI Sumut untuk hanya berpangku tangan dan mengeluhkan berbagai pembatasan sosial yang diberlakukan. Banyak hal bisa dilakukan kaum perempuan umumnya dan para anggota IPEMI khususnya untuk tetap bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan bernilai ekonomi. Antara lain dengan kegiatan yang saat ini kita fokuskan, yakni menanam buah, sayur-mayur dan tanaman obat di halaman rumah masing-masing. Kita tak boleh menyerah dalam menghadapi situasi yang serba sulit ini. Karena dalam setiap tantangan pasti terdapat peluang,” kata Yulidar.

Sebanyak 2.500 polybag bibit tanaman cabai yang diserahkan kepada para ibu muslimah anggota IPEMI kabupaten/kota se-Sumut itu dapat ditanam untuk lahan skala besar maupun rumahan.

Yulidar berharap, langkah awal ini dapat menjadi gerakan yang mendukung pemerintah dalam menguatkan ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian keluarga yang banyak terpapar secara negatif oleh situasi pandemi.

Ketua IPEMI Sumut merasa terharu karena para pengurus IPEMI kabupaten/kota se-Sumut seluruhnya menyempatkan hadir dalam kegiatan itu, meski harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Seperti halnya yang dijalani oleh IPEMI Padang Lawas dan beberapa daerah lain yang harus menempuh perjalanan selama 15 Jam demi menyukseskan program program IPEMI se-Sumut.

Selain pembagian bibit cabai gratis, dalam kesempatan itu para pengurus juga mendapatkan penambahan ilmu pertanian dan tips-tips bercocok tanam dari tim penyuluh Balai Induk Hortikultura dan berkeliling melihat berbagai jenis tanaman buah, sayur dan obat yang tersedia di lokasi.

“Satu pohon yang kita tanam kelak akan memberikan manfaat positif, tidak saja bagi orang yang menanam dan keluarganya, melainkan juga untuk lingkungan sekitar dan masyarakat luas. Insya Allah segera akan kita laksanakan program tabur benih ikan di kolam ikan IPEMI kabupaten/kota se-Sumut. Kami di IPEMI Sumut berharap, semoga langkah awal ini dapat menggerakkan langkah selanjutnya yang akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini juga menjadi salah satu ikhtiar IPEMI Sumut dalam melindungi para anggotanya dari dampak pandemi yang terlalu parah,” papar Yulidar.