TEBINGTINGGI-Hasil uji swab terhadap 44 orang pegawai dan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Kumpulan Pane (RSKP) Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, negatif Covid-19. Sebelumnya 44 pegawai dan tenaga kesehatan tersebut dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, Nanang Fitra Aulia, dalam keterangan pers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Tebing Tinggi, Kamis (2/06/2020) sore.

"Alhamdulillah berdasarkan surat pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara tentang hasil pemeriksaan sampel swab, ke 44 orang tenaga kesehatan RSKP dinyatakan negatif Covid-19," terang Nanang yang juga menjabat juru bicara GTPP Covid-19 Kota Tebing Tinggi.

Nanang mengharapkan kepada para tenaga kesehatan agar tetap melakukan protokol kesehatan Covid-19 dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat.

"Kami berharap kepada tenaga kesehatan agar memakai APD dan menerapkan SOP yang sudah disiapkan sesuai dengan prosedur dari Kementerian Kesehatan yang tujuannya untuk melindungi para tenaga kesehatan," tambah Nanang.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi melakukan rapid test massal terhadap 349 pegawai dan tenaga kesehatan di RSKP Kota Tebing Tinggi menyusul ditetapkannya seorang tenaga kesehatan sebagai positif Covid-19. Dalam rapid test tersebut 44 orang dinyatakan reaktif, dan dilanjutkan dengan uji swab.

Sementara perkembangan terakhir kasus Covid-19 di Kota Tebing Tinggi tercatat 182 orang dalam pemantaun (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP) nihil.