SAMOSIR-Dalam rangka percepatan penanganan Corona virus disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Samosir me-launching pemberian bibit sayuran dan sarana produksi bagi masyarakat, Selasa (2/6/2020) bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Samosir, Rawati Simbolon menyampaikan, adapun tujuan pemberian bibit itu agar masyarakat memanfaatkan lingkungan atau pekarangan rumah menjadi tempat budi daya tanaman sayuran melalui media polybag selama pandemi Covid-19 guna mengatasi kebutuhan sayur untuk konsumsi gizi yang seimbang.

"Sasaran pemberian bibit sayuran dan sarana produksi ini mencakup 9 Kecamatan, 128 desa, dan 6 kelurahan dengan total penerima sebanyak 6.000 Kepala Keluarga (KK) berdasarkan usulan kepala desa dan diketahui oleh Camat," jelas Rawati.

Diuraikan, bantuan yang diberikan berupa kompos 10 kg per KK, pupuk NPK 16:16:16, 1 kg per KK, pupuk urea 0,5 kg per KK, polybag 1 kg per KK, bibit sayuran sawi manis, 1 sachet 25 gram per KK, bibit sayuran bayam, 1 sachet 26.000 butir per KK, bibit sayuran kangkung 1 sachet 1.500 butir per KK.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, mendukung penuh kegiatan itu. "Bantuan ini kita harapkan harus benar-benar berhasil dengan pengawasan para pihak terkait disertai edukasi dari Dinas Pertanian Samosir mulai dari penanaman hingga pemanenan," kata Saut.

Hadir juga Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan menyambut baik kegiatan itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Samosir mengatasi kelangkaan sayur mayur untuk kebutuhan keluarga.

"Saya harapkan adanya koordinasi lintas SKPD untuk memberhasilkan program ini terutama para aparat dan Tim PKK Desa mulai dari penanaman hingga pemanenan," ucap Rapidin seraya menekankan agar program itu berhasil guna untuk mengatasi dampak Covid-19 selama pandemi.

Di akhir acara, Kepala Desa Hutanamora, Ihut Irencius Malau, menyampaikan terima kasih atas program pemberian bibit sayuran dan sarana produksi itu.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Samosir agar berhasil guna. "Mari kita bekerja keras, agar hidup kita lebih baik dan maju dengan melakukan program-program Pemerintah Kabupaten Samosir untuk mensejahterakan masyarakat," ajaknya.

Sebelum berbagai kata sambutan, panitia lebih dulu memutar film cara menanam bibit sayuran dan perawatannya hingga panen yang disaksikan oleh seluruh peserta launching.

Acara berlangsung turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Juang Sinaga, Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Jabiat Sagala, Kodim Pangururan, Polres Samosir, Kejari Samosir, para Asisten, pimpinan OPD, para Camat dan Kepala Desa, serta perwakilan masyarakat penerima manfaat dari desa Hutanamora.