LABUHANBATU - Di hari kelima Idul Fitri 1441 H, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat mengecek langsung sel tahanan Mapolres Labuhanbatu di dampingi Kasi Propam Polres Labuhanbatu Ipda Kusno Siagian, Kamis (28/5/2020) pagi.

Dalam pengecekan itu, Kapolres ingin memastikan kondisi tahanan dan kesiapan petugas jaga di RTP Polres Labuhanbatu, sekaligus mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti larinya tahanan akibat lalainya petugas piket.

“Piket jaga tahanan harus menjalankan Standart Operasional Prosedur (SOP), anggota tidak boleh lengah dan jangan sampai kejadian tahanan kabur dan sebagainya,” ujar Kapolres.

Menurut Agus, pengecekan rutin oleh petugas jaga harus dilakukan, baik oleh pawas (perwira pengawas), padal (perwira pengendali) maupun personel piket fungsi yang bertugas pada saat itu, mengingat sewaktu-waktu kondisinya bisa saja berubah.

“Kita ketahui bersama jumlah tahanan kita saat ini ada 130 orang, jumlah tersebut harus terus dihitung, kemudian dicek kondisi kesehatannya,” terang agus.

Hasil pemeriksaan kondisi rumah tahanan sangat baik, namun demikian petugas piket harus tetap ketat mengawasi, jangan sampai lengah, selalu waspada,” tambah orang nomor satu di jajaran Polres Labuhanbatu ini.

"Pemeriksaan ketat setiap tamu yang berkunjung termasuk barang bawaan harus dicek, jangan sampai membawa barang terlarang yang menyebabkan larinya tahanan," pintanya.