TARUTUNG-Satgas Bencana BUMN Wilayah Sumut hasil koordinasi bersama Komisi VI DPR RI, bertempat di Balai Data Kantor Bupati Tarutung menyerahkan bantuan kepada Gugus tugas taput yang diterima bupati taput Drs Nikson Nababan,M.Si didampingi wakil ketua DPRD taput Fatimah Hutabarat dengan Sekda Indra Simaremare Jumat, (15/05/2020).

antuan yang diserahkan terdiri dari 9 set paket APD lengkap, bahu hazmat 80 buah, masker medik 60 box, sepatu medik, masker kain 1.000 lembar, 5 unit wastafel, 25 botol handsanitazer, 10 galon disinfektan, 4 unit pompa disinfektan.

"Kita mengapresiasi upaya dan inisiasi Pak Martin bersama Komisi VI DPR RI dengan Satgas Bencana BUMN wilayah Sumut sehingga bantuan ini dapat kami terima. Semoga bantuan ini meringankan beban kami bersama masyarakat Tapanuli Utara dalam penanganan penyebaran covid-19," ujar Bupati melalui aplikasi Meeting Room usai menerima bantuan secara simbolis.

"Terimakasih atas kepercayaannya kepada Gugus Tugas Taput tanpa perlu turun langsung ke daerah. Semua pihak harus menghargai ketentuan dan upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk penanganan penyebaran covid 19. Bantuan yang disampaikan para donatur bisa melalui tim di daerah. Apa yang dilakukan pak Martin ini menjadi contoh bagi kita semua," ucapnya.

Bupati juga menjelaskan pentingnya laboratorium di RSUD Tarutung untuk hasil yang lebih cepat dan akurat. "Kita sudah mempersiapkan bangunannya, kita bermohon bantuan berbagai alat laboratorium termasuk alat PCR sehingga sampel Swab dari Tapanuli Raya ini tidak perlu dikirimkan ke Medan yang butuh waktu lama menunggu hasilnya. Kita berharap dukungan dari semua pihak terutama dari Pemerintah Pusat untuk mewujudkan hal tersebut. Hasil pemeriksaan Swab yang cepat akan membantu mempermudah kita melalukan traking apabila ada yang terdampak corona," imbuhnya.

Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Besli Silaen mewakili Satgas Bencana BUMN didampingi Berton Sitorus selaku koordinator Tim Dapil II Sumut serta perwakilan setiap BUMN yang memberikan bantuan.

Dalam kesempatan itu Besli mengatakan bahwa bantuan tersebut bertujuan membantu Pemerintah daerah apabila ada bencana sehingga penanganan covid 19 lebih terpadu. terpisah, wakil ketua komisi VI DPR RI Martin Manurung mengharapkan semua elemen masyarakat bersatu menangani penyebaran virus corona.

"Kita harus saling tolong-menolong dan tingkatkan solidaritas, termasuk bagaimana kita bisa memberikan dukungan dan empati kepada para medis dan tenaga kesehatan serta para pasien yang terpapar termasuk korban meninggal dunia. "Semoga bantuan yang diberikan mempercepat penanganan penyebaran covid-19. Terima kasih atas koordinasi yang baik dengan Satgas Bencana BUMN Wilayah Sumut, yaitu PT. Inalum, Airnaft, PTPN III, PT. Utama Karya dan Pelindo I. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi masyarakat Tapanuli Utara," pungkasnya.