Home >  Berita >  Peristiwa

Mahasiswa Unimal Jadi Relawan Percepatan Penanganan COVID-19 di Mandailing Natal

Mahasiswa Unimal Jadi Relawan Percepatan Penanganan COVID-19 di Mandailing Natal
Kamis, 14 Mei 2020 10:58 WIB
Penulis: Ril
MANDAILINGNATAL-Universitas Malikussaleh (Unimal) mengadakan berbagai pilihan kegiatan untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), salah satu dari KKN tersebut adalah KKN Covid-19 karena adanya kebijakan lockdown jadi KKN tersebut dilaksanakan di desa masing-masing.

Salah satu mahasiswa Unimal yang bernama Zainannur dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Informatika melaksanakan KKN yang dibimbing secara daring (Online) oleh Muhammad Authar, Sp., Mp selaku DPL Mahasiswa tersebut. Kegiatan dilaksanakan di salah satu posko yang bertepatan antara Desa Aek Baru Jae, Desa Aek Baru Julu, Desa Guo Batu, Desa Lubuk Samboa, Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan mahasiswa yang terjadi diposko tersebut adalah memeriksa bagi pendatang atau perantau dari luar Kabupaten Mandailing Natal.

Pengecekan suhu tubuh dan menyediakan sabun atau hand sanitizer bagi setiap pendatang ataupun perantau merupakan upaya untuk pencegahan menyebarnya Covid-19 tersebut. Dan sudah diketahui ada beberapa upaya untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan cara terus menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menggunakan masker.

Selain itu mahasiswa dan petugas yang menjaga posko juga melakukan penyemprotan dikantor desa, masjid dan tempat umum lainnya, upaya tersebut dilakukan karna tempat-tempat umum tersebut merupakan tempat dimana masyarakat berkumpul dan melakukan banyak kegiatan lainnya.
Ads

Petugas diposko juga akan mencatat setiap warga yang melakukan perjalanan. Sampai saat ini belum ada masyarakat yang dicurigai terkena virus Covid-19 didaerah tersebut, akan tetapi upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 akan tetap dilakukan karna bertepatan pada bulan Ramadhan banyak dari mereka yang pulang kampung.
www www