TOBA-Guna mengatasi permasalahan lahan persawahan warga masyarakat desa Lumba Huala yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan di tahun 2020 ini pasca Bencana Nasional Non Alam serangan wabah pandemi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) saat ini.

PT Toba Pulp Lestari tetap eksis menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan berkontribusi memberikan dukungan bantuan kepada masyarakat, berupa selang air yang disampaikan kepada Pemerintah Desa Lumban Huala Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba, Sabtu, (9/5/2020).

Pemberian bantuan selang air oleh PT.TPL,Tbk guna mengatasi kekeringan lahan persawahan milik warga masyarakat desa Lumban Huala, sebelumnya diawali berkat ajuan usulan wakil Bupati Toba Ir.Hulman Sitorus kepada perusahaan penghasil bubur kertas (Pulp) PT.TPL,Tbk di Parmaksian untuk memberikan bantuanya kepada masyarajat Desa Lumban Huala guna membantu mengatasi permasalahan kekeringan lahan persawahan warga.

Dalam acara serah terima bantuan selang air dari PT.TPL,Tbk ke0ada Pemerintahndesa Lumban Huala dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Toba Ir.Hulman Sitorus, M.Si, Plt.Kepala Dinas Pertanian & Perikanan Toba Jerri Silaen didampingi dan dibuka oleh Camat Parmaksian Paiman Butarbutar,S.Sos.

Disampaikan Paiman, pemberian bantuan selang oleh Perusahaan PT.TPL,Tbk hari ini berkat intruksi langsung dari bapak Wakil Bupati Toba saat beliau melaksanakan kunjungan kerjanya di Kecamatan Parmaksian bebrapa waktu yang lalu.

Kendapat instruksi Wakil Bupati Pemerintah Desa Lumban Huala bersama dengan Pemerintah Kecamatah Parmaksian melakukan koordinasi dengan pihak PT Toba Pulp Lestari Tbk.selanjutnya pihak perusahaan menyanggupi dan menyetujuinya.

Dilanjutkan Paiman, dalam keaakatan saat melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan disetujui bantuan selang air tersebut akan diberikan perusahaan langsung kepada Pemerintah Desa Lumban Huala serta direncanakan untuk penggunaan selanjutny dapat digunakan secara bergantian oleh desa lain yang membutuhkan di Kecamatan Parmaksian.

Dalam sambutan dan arahannya Wakil Bupati Toba Ir. Hulman Sitorus, MM manyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan oleh PT Toba Pulp Lestari guna meringankan beban masyarakat dalam menagatasi kekeringan lahan perswahan warga desa Lumban Huala.

"Kita berharap untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan pihak perusahaan PT Toba Pulp Lestari dan Manajemen suspaya kedepan hubungan kemitraan anatara Pemerintah, Masyarakat dengan pihak Manajemen perusahaan tetap berjalan dengan baik, supaya perusahaan dapat mendukung dan membantu masyarakat Kabupaten Toba khusisnya disekitaran lkkasi kawasan berdiri dan beroperasi," ujarnya.

Dengan bantuan selang air yang diberukan Perusahaan hari ini, salah satu upaya dukungan perusahaan PT.TPL,Tbk pada sektor Pertanian, dengan pemberian bantuan selang air ini akan membantu petani dalam memperlancar pengairan lahan persawah milik masyarakat yang saat ini sedang mengalami kekeringan.

Kepala Desa Lumban Manurung Tagor Manurung, mengaku untuk lahan pertanian di desanya yang selalu mengalami masalah kekeringan pada setiap tahun disetiap musim kemarau tiba seluas +_ 200 Ha.

"Pemberian bantuan oleh PT.TPL,Tbk di tahun 2020 ini adalah kerja sama pemberian bantuan perusahaan tahun ketiga sebagai wujud terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik antara PT Toba Pulp Lestari dengan masyarakat Desa Lumban Huala," tehas Kades Tagor Manurung.

"Atas bantuan yang direalisasikan kami mengucapkan terimakasih PT. Toba Pulp Lestari,Tbk secara khusus kepada seluruh jajaran Manajemen. Karena kami telah merasakan bahwa kehadiran perusahaan di daerah kami telah membantu dalam bidang pembangunan terutama bidang pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan usaha pertanian" sebagaimana motto 30 Tahun PT.TPL,Tbk "Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat," ujar Tagor.

Bantuan yang diberikan PT TPL,Tbk kepada masyarakat desa Lumban Hual yakni bantuan 4 gulung Selang air Sunny Hose 3 inchi sepanjang 280 meter, 3 buah Nepple Hose until Sunny Hose 3 inchi, 6 buah Clamp Hose untuk Sunny Hose 3 inchi, 5 gulung selang Sunny Hose 6 inchi sepanjang 250 meter, 4 buah Nepple Hose Menden 6 inchi dan 8 buah Clamp Hose untuk Sunny Hose 6 inchi.

Onggung Tambunan, selaku Government Relations PT Toba Pulp Lestari mengatakan bahwa bantuan ini ditujukan untuk dapat membantu mengatasi masalah kekeringan air di persawahan wilayah Parmaksian, khususnya di Desa Lumban Huala.

"Atas nama perusahaan dan jajaran manajemen perusahaan saya sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Aparat Pemerintahan Kabupaten Toba dan jajaran untuk komunikasi yang baik sehingga terjalinnya kerjasama ini. Kita tahu bahwa "disetiap tahun dengan tengat waktu tertentu dipastikan akan terjadi musim kekeringan yang diakibatkan Musim Kemarau karena musim ini sudah merupakan bahagian dari Fenomena dari musim Alam yang harus kita lalui dan hadapi bersama, semoga dengan bantuan yang diberikan perusahaan ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat dalam mengatasi masalah kekeringan saat ini didesa kita desa Lumban Hula. Semoga untuk kedepannya kita dapat selalu bergandengan tangan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat," ujar Onggung dalam harapannya kedepan.