TOBA-Hand sanitizer merupakan produk yang efektif penganti sabun cuci tangan. Penggunaan hand sanitizer pada saat pandemi covid-19 ini mengalami peningkatan berkali lipat, sehingga membuat produk langka dan mahal.

Beberapa pengguna hand sanitizer banyak mengalami masalah seperti iritasi kulit akibat kandungan alkohol didalamnya. Bermaksud ingin membantu warga, mahasiswi Unimal yang melaksanakan KKN-BK P162 Indri Agrivani di desa pangombusan, kecamatan parmaksian, kabupaten toba samosir membagikan hand sanitizer alami yang di buat sendiri. Dengan dosen pembimbing lapangan yaitu bapak Mutammimul Ula, S.Kom., M.Cs.

Pembagian hand sanitizer di lokasi KKN dilakukan Jumat (7/5/20). Hand sanitizer yang dibagikan terdiri dari bahan alami yaitu rebusan daun sirih dan perasan jeruk lemon.

Menurut Indri pembuatan hand sanitizer ini dilakukan untuk membantu warga desa terhindar dari virus corona. "Harapannya warga lebih menjaga kebersihan dan kesehatan, serta penggunaan hand sanitizer merupakan salah satu caranya," ucap indri.

DPL P162, Bapak Mutammimul Ula, S.Kom., M.Cs turut memberi appresiasi atas inisitif mahasiswa, Ia menambahkan bahwa pembuatan hand sanitizer dapat membunuh virus dan mencegah virus menyebar lebih luas lagi.