SERDANGBEDAGAI-Ketua DPC Posko Perjuangan Rakyat(Pospera), Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Elvi Yuliana Napitupulu akhirnya angkat bicara tentang Fungsi-fungsi wakil rakyat dalam hal pengawasan untuk percepatan bantuan kepada warga yang terdampak covid-19 yang hingga kini tak kunjung tiba.

"Saya hanya tekankan fungsi mereka sebagai wakil rakyat dalam hal pengawasan untuk percepatan bantuan kepada warga yang terdampak, mereka itukan punya jaringan itu fungsinya menjadi wakil rakyat.

Apalagi mereka bisa langsung ngomong kepada Bupati dan Gubenur bahkan mereka bisa ngomong ke Presiden, bahwa rakyat di Serdang Bedagai banyak rakyat yang miskin yang perlu mendapat bantuan dan mereka juga bisa mengawasi dan bukan rakyat meminta uang mereka"kata Elvi Yuliana kepada Gosumut, melalui via seluler, Sabtu(2/5/2020).

Menurut Elvi, Intinya rakyat bukan mau minta sembako dari DPR, tapi rakyat menuntut fungsi dari wakil rakyat itu sendiri, mereka harus bersuara, mereka harus mendesak. Bahkan mereka harus melihat bantuan itu sampai kepada rakyatnya miskin.

"Untuk itu, saya sebagai ketua DPC Pospera Serdang Bedagai menghimbau kepada seluruh rakyat DPRD Kabupaten Serdang Bedagai untuk mereka di masing-masing Dapil untuk melihat meninjau, bahkan mereka untuk memantau bantuan itu kepada warga miskin yang terutama yang tidak pernah mendapat bantuan.

"Bagaimana situasi di desa, bagaimana situasi di Dusun dalam satu Dapil itu terdapat 10 kursi, bahkan ada yang 11 kursi anggota DPRD." Saya pikir kalau mereka turun bersama-sama mereka pasti bisa melihat keadaan yang sebenarnya. Di situlah mereka harus melakukan fungsinya, mereka harus mempertanyakan kepada Bupati kepada Gubernur bahkan kepada Jokowi. Bahkan mereka juga boleh dan mendesak Kementerian Sosial siapapun itu, DPRD berhak bersuara untuk menyampaikan aspirasi keterwakilan dari rakyat itu sendiri,"tegas Ketua Pospera Sergai.

Untuk penekanannya adalah bahwa fungsi dari tiga pilar itu belum maksimal, Dalam hal gotong royong untuk penanganan warga yang terdampak dari pandemi covid-19.

"Saya yakin jika tiga pilar ini dapat bersama-sama secara maksimal semua bahu-membahu bahkan gotong royong semua ini pasti bisa teratasi, tidak dan bukan untuk saling menyalahkan. Tetapi bagaimana kita menggerakkan menggugah bahkan kita mengajak Seluruh Elemen, seluruh bagi Pengusaha Swasta, bahkan yang mereka sanggup untuk memberikan bantuan. Mari kita untuk bersama-sama, intinya dari aku sebagai Ketua Pospera Sergai di mana pospera ini adalah relawan Jokowi yang dilindungi oleh Jokowi langsung yang menjadi mata hati, telinganya Jokowi untuk rakyat,"ungkap Ketua Pospera Sergai.