MEDAN – Upaya mencegah penyebaran Coronavirus (Covid -19) sekaligus untuk menambah kenyamanan bagi jamaah dalam melaksanakan ibadah, 1 unit Adsorbent Chamber (Bilik Adsorbent Antiseptics ) Filler Bio Metamaterials Organics dipasang di pintu Masjid Perjuangan ’45 Jalan Prof HM Yamin SH, Sei Kera Hilir II, Medan, Senin (27/4/2020).

Chamber Body Adsorbent dengan Filler Bio Metamaterials Organics inovasi UMKM My USU (Untuk Seluruh Umat) tersebut, menggunakan antiseptic dari bahan alami temuan Dosen / Peneliti yang juga Innovator Komersialisasi Product Alami Pesisir Pantai Desa dan Kota, pengabdi Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sumatera Utara (USU) Khalifah Dr. Muhammad Sontang Sihotang, S.Si M.Si.

Saat pemasangan Chamber Body Adsorbent dan Filler Organik tersebut hadir Ketua Yayasan Masjid Perjuangan ’45, Dr. Muhammad Fauzi Nasution SpB, SpB(K)V, (K)EV, M.Surg, Ketua BKM H. Muhajar Koto, SKM, MKM, Imam Masjid Al-Ustadz Rasmidi, S.Pd, M.Si, Ketua Umum Persatuan Pengamal Tarekat Islam (PPTI) Sumatera Utara Tuan Sutan Jalaluddin Siregar SH, Owner Al-Amin Inovasi yang juga Dosen FISIP USU Dra. Dara Aisyah MSi, Ph.D, mewakili Tim Teknisi Bilik Chamber Rudy, Ketua Remaja Masjid Perjuangan Azlan Azmi serta jamaah Masjid Perjuangan ’45 yang dahulunya dikenal sebagai Masjid Syuhada.

Imam Masjid Perjuangan ‘45 Ustadz Rasmidi, S.Pd, M.Si menyambut baik bantuan Bilik Adsorbent Body Antiseptic Organics dari donator yakni Direktur PT. Sumatera Siberia Kompaniya Dr. Muhammad Fauzi Nasution SpB, SpB(K)V, (K)EV, M.Surg yang juga Konsul Jenderal Federasi Rusia di Medan. Beliau juga Dokter Bedah di Rumah Sakit Columbia Asia Medan serta Tim Dokter Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid 19 Sumatera Utara.

"Inovasi baru Khalifah Dr. Sontang dengan aplikasi metamaterials ini sangat bagus sekali sehingga setiap saat dapat dimanfaatkan jamaah Masjid Perjuangan ’45. Teknologi Adsorbent Bio Metamaterials yang canggih ini dapat dimanfaatkan seluruh jamaah Masjid Perjuangan ‘45 sebelum pelaksanaan Sholat 5 waktu setiap harinya dan Sholat Taraweh bulan Ramadhan 1441 Hijriah ini. Tentu jamaah akan dapat lebih khusyuk dalam beribadah. Begitu juga pada Hari Raya Idul Fitri nanti dapat dipergunakan sebaik mungkin oleh jamaah kita sehingga fasilitas ruang adsorbent body antiseptics filler organik ini dapat menjadi sarana percepatan pencegahan Covid-19 di Medan dan Sumut," tutur Ustadz Rasmidi.

Ketua BKM Masjid Perjuangan ’45, H. Muhajar Koto, SKM, MKM, atas nama jamaah juga mengucapkan terimakasih kepada donatur yang telah memasang Bilik Adsorbent Body Antiseptics Organics di Masjid Perjuangan ‘45. "Ini menambah kenyamanan dan kekhusyukan kami dalam beribadah. Semoga bantuan ini menjadi amal jariah bagi donatur," tutur Muhajar Koto seraya menambahkan untuk perawatan dan pengisian (isi ulang) bahan Bio Metamaterials Organik Ruang Body Antiseptic akan berkoordinasi dengan Azlan Azmi yang aktif sebagai Pemuda Masjid dan menjabat sebagai Ketua Remaja Masjid Perjuangan ‘45.

Di sela pemasangan Ruang Body Antiseptics Organics di pintu Masjid Perjuangan ‘45, Inventor Khalifah Muhammad Sontang Sihotang didampingi Innovator Produk Pesisir dan Evaluasi Program Kinerja Pemerintah FISIP USU, Dra. Dara Aisyah M.Si Ph.D menjelaskan, bahan adsorbent antiseptic organics Bio Metamaterials yang disemprotkan ke dalam ruang body adsorbent tersebut menggunakan bahan bio metamaterials organics alami tanpa bahan kimia sehingga sangat sehat untuk tubuh dan diharapkan mampu menyerap berbagai bakteri dan kotoran, termasuk antisipasi Covid-19 karena diformulasi dengan Nano Technology dan Metaphysics Applied karena sang penemu Dr. Sontang merupakan alumni Program S-3 dalam bidang Sufism Metaphysics di Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Kuala Terengganu Malaysia dan secara konsep serta amaliahnya beliau berguru di Pondok Tarekat Naqsabandiyah Besilam Padang Tualang Langkat.

Sementara Ketua Umum PPTI Sumut Tuan Sutan Jalaluddin Siregar mengatakan, chamber filler organics tersebut sangat tepat ditempatkan di pintu-pintu masjid sehingga dapat menambah perlindungan dan kenyamanan jamaah untuk melaksanakan ibadah di Masjid.

"Khusus Masjid Perjuangan ’45 ini menjadi Masjid pelopor dalam menerapkan penggunaan bahan-bahan alami yang diaplikasikan dalam pencegahan wabah Covid-19 di Sumut sekaligus ikut membantu langkah Bapak Gubsu Edy H. Rahmayadi dan Wagubsu Ijeck dalam memerangi wabah Covid-19," katanya.

Beliau juga mengharapkan agar para pengurus Badan Kenaziran Masjid (BKM) dapat menggalang donasi untuk pengadaan Ruang Body Antiseptics untuk kemashlahatan jamaah dalam menghadapi wabah Covid-19. "Terlebih di bulan Ramadhan ini," tutur Jalaluddin pensiunan PNS Kantor Gubsu yang juga Wakil Ketua Kaderisasi Dewan Harian Daerah ’45 Provinsi Sumatera Utara.

Sembari menunggu Buka Puasa Bersama, Konsultan Pendamping UMKM My USU dari Kantor Departemen Koperasi Provinsi Sumatera Utara (PLUT) Ir. Raulan Togatorop menambahkan, inovasi produk Antiseptics Organics yang telah diformulasi oleh Pakar Inventor dan Innovator bahan Bio Metamaterials dan aplikasiya sangat sesuai untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara. Tidak hanya ditempatkan di Masjid, tapi juga cocok di perkantoran dan perumahan sekaligus menjadi bahan alternatif menetralisir bahan desinfectan / antiseptics kimia sintesis yang menurut kajian kurang baik diaplikasi di tubuh manusia.

"Melalui hasil inovasi ini diharapkan dapat menjadi bahan baru organik metamaterials. Hal ini patut kita syukuri karena dengan adanya bahan alternatif bio metamaterials ini lebih efektif dan sehat," tutur Raulan.

Bagi BKM, Kantor BUMN dan Swasta atau Perumahan yang ingin memasang Ruang Body Antiseptics Organik Green Environment ramah lingkungan dapat menghubungi Kh. Dr. M.Sontang Sihotang dinomor Hp/WA +62-81214896742 atau Tuan Sutan Jalaluddin Siregar dinomor +62-81370315434 dan Mas Bowo +62-81263718995.***