Home >  Berita >  Peristiwa

Samosir Raih PPD 2020, Target Masuk 10 Besar

Samosir Raih PPD 2020, Target Masuk 10 Besar
Kamis, 23 April 2020 18:35 WIB
Penulis: Helbos Sitanggang
SAMOSIR-Melalui video conference, Kamis (23/4/2020) yang berlangsung di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir menerima dan meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2020 dari Pemerintah Provinsi Sumatra Utara.

Adapun PPD tahun ini, diikuti oleh 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan tiga tim penilai, yaitu Tim Penilai Teknis (TPT), Tim Penilai Independen (TPI), dan Tim Penilai Utama (TPU) yang telah melakukan penilaian dalam tiga tahapan mencakup, penilaian dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan dokumen inovasi daerah, presentasi dan wawancara, serta verifikasi dan kunjungan lapangan.

Dari hasil penilaian itu, Kabupaten Samosir menjadi kabupaten terbaik dalam pembangunan daerah di Provinsi Sumatra Utara dan menjadi utusan ke tingkat nasional untuk bersaing dengan kabupaten-kabupaten lainnya.

"Target kita, Kabupaten Samosir masuk 10 besar secara nasional. Prestasi ini adalah hasil kerja sama yang baik lintas SKPD secara intensif," ujar Kepala Bappeda Samosir, Rudi M Siahaan.

Dijabarkan, PPD merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada provinsi, kabupaten/kota yang menunjukkan kinerja yang baik dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah.

"Ruang lingkup penilaian PPD tahun 2020 ini, terdiri dari empat hal, yaitu proses penyusunan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), kualitas dokumen RKPD, pencapaian pembangunan, dan inovasi pembangunan," paparnya.

Menambahi, Kepala Dinas Kominfo Samosir, Rohani Bakkara menyampaikan, prestasi ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Kabupaten Samosir dalam pencapaian visi dan misinya ke depan.

“Mari kita dukung Pemerintah Kabupaten Samosir untuk melakukan inovasi dan terobosan dalam pembangunan Samosir,” ajak Rohani.

Sementara itu, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam pesan lisannya, juga mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Samosir untuk bekerja keras dan lebih giat lagi, serta tetap dalam kebersamaan untuk mencapai prestasi-prestasi lainnya kedepan.
www www