SIMALUNGUN-Managemen PT Toba Pulp Lestari Tbk kembali memberikan bantuan sosial berupa penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran Corina Virus Disease 2019 (Covid- 19) di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, secara khusus di obyek fasilitas umum, Kamis (23/4/2020).

Melalui Humas PT TPL Sektor Aek Nauli, Rudi Hutagalung, bahwa penyemprotan kali ini mereka membawa 25 ribu liter disinfektan siap semprot. "Kami membawa mobil tangki jenis damkar, dan kita akan bersama Uspika Kecamatan Girsip, Kabupaten Simalungun untuk disemprotkan keberbagai tempat yang akan ditentukan oleh pihak Uspika, "ujarnya.

"Rudi menambahkan penyemprotan ini masih dalam tindakan pencegahan guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona, diseluruh dunia termasuk diwilayah kita. Salah satunya adalah penyemprotan cairan disinfektan yang sedang digalakkan di seluruh wilayah di tengah pandemi Covid-19," ucapnya.

Penyemprotan ini dilakukan di tempat-tempat yang memiliki intensitas tinggi terhadap kontak dan interaksi langsung dengan banyak orang seperti fasilitas umum, perkantoran, pekan (pusat pasar tradisional) hingga pemukiman warga, "ungkap Rudi.p>

Sementara itu, Manager Corporate Communications PT TPL, Norma Patty Nandini Hutajulu menyampaikan, selain penyemprotan jenis disinfektan ini kekawasan yang sudah ditentukan terutama pemukiman sepanjang jalan lintas Sumatera di Parapat. "Selain bantuan disinfektan, PT TPL juga telah mendistribusikan wastafel untuk lokasi-lokasi publik dan nantinya juga akan mengulirkan dukungan sosial lain kepada warga dan rekan-rekan media pada bulan mendatang," katanya.

Saat ditanya, apakah dukungan sosial itu berupa sembako yang saat ini ditunggu warga yang terdampak wabah Covid-19, Norma membenarkan, tapi yang jelas pihak PT TPL akan segera mewujudkan dukungan itu setelah berkoordinasi dengan Pemkab atau unsur pimpinan Kecamatan setempat, karena merekalah yang mengetahui situasional terkini dilapis warga.

Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Tambunan bersama jajaran Uspika dan Lurah, kepada awak media menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PT TPL yang setia membantu Pemerintah dalam memberikan bantuan penyemprotan disinfektan tersebut.

"Kami sudah ajukan juga permohonan kepada managemen PT TPL agar mereka membantu kita dengan bantuan sosial lainnya, baik berupa sembako dan bantuan obat-obatan dan kami berharap supaya alat pelindung diri (APD) juga dapat diberikan kepada kita, karena kamipun kerab turun kelapangan hanya dengan bermodalkan masker, apalagi anggota kita yang kita suruh untuk menyemproti rumah-rumah warga dan dikawasan lingkungan masing-masing, APDnya masih minim, dan kami sangat berharap bantuan itu dari perusahaan PT TPL," tambahnya.

Penyemprotan disinfektan ini diawali dari gerbang masuk kota Parapat-Tigaraja- lokasi Souvenir- Pekan Tradisional-Dermaga Tigaraja, Jln Merdeka, Jln Singamangaraja, dan sekitarnya, dimulai pukul 10.00 Wib dan didampingi anggota Polsek Parapat , Satpol PP, masing-masing Lurah dan perangkat lainnya.