MEDAN - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada dokter yang melayani pasien Covid-19 di Sekretariat IDI Medan, Selasa (21/4/2020).

Bantuan yang diberikan berupa Masker N95, Hazmat, Kacamata, Face Shield, Handscoon, Nutrisari, Sepatu booth dan lainnya.

APD yang diberikan tersebut merupakan donasi dari IDI Cabang Medan & IIDI Cabang Medan, PB IDI Jakarta, Junior Doctor Network Indonesia, Mata Garuda Sumatera Utara, Pegadaian, Kita.com dan Nutrifood.

Ketua Bidang Organisasi Pengurus Besar (PB) IDI Dr Ramlan Sitompul Sp-THT (KL) mengatakan, bantuan ini didistribusikan ke IDI seluruh Indonesia, khusus Medan merupakan gelombang pertama. "Untuk Medan ini gelombang pertama dan nanti akan ada didistribusikan lagi," ujar Ramlan usai menyaksikan penyerahan APD ke beberapa dokter.

Ketua Satgas Covid-19 IDI Cabang Medan yang juga wakil Ketua IDI Cabang Medan dr Marzuki Samion MA (K3) mengatakan, APD yang diterima diserahkan kepada beberapa organisasi dokter terutama yang lagi mengambil spesialis.

"Kami mendapat amanah dari para donatur untuk mendistribusikan bantuan ini disaksikan langsung PB IDI, Pengurus IDI Medan dan Satgas IDI," kata Marzuki.

Sementara itu, Ketua IDI Cabang Medan dr Wijaya Juwarna Sp-THT (KL) menjelaskan, bantuan ini merupakan tahap pertama dan diprioritaskan kepada anggota yang melayani pasien Covid-19 di RS Adam Malik, RS USU dan RS Pirngadi serta ke 18 Departemen PPDS USU, terutama spesialis paru, spesialis penyakit dalam dan anastesi serta bagian lainnya.

"Semoga kita bisa memberikan bantuan lagi," kata Wijaya.

Dia menilai, kebutuhan APD semakin besar mengingat kasus Covid-19 semakin banyak dan kesannya belum sampai pada puncaknya. "Kita harapkan adanya penambahan bantuan," tambahnya.