MEDAN - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan dr. Wijaya Juwarna, Sp-THT-KL menyampaikan, puasa Ramadhan merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain tidak makan dan minum, ibadah yang dimulai dari fajar hingga terbenamnya matahari, juga diharapkan dapat menahan hawa nafsu. kan ibadah puasanya baiknya umat muslim juga dapat menjaga kesehatan tenggorokan. Apalagi, saat ini musim tidak menentu, siang panas dan malam hujan, atau sebaliknya.

"Jaga kesehatan tubuh, seperti tenggorokan dan lambung. Jangan sampai, kita tidak bisa menjalani kewajiban itu," imbuhnya.

Dia menyarankan agar mulai mengurangi makan goreng-gorengan. Sebab, gorengan pemicu radang tenggorokan.

"Jajanan gorengan yang belum tahu minyak seperti apa yang di gunakan bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Kurangi makan makanan gorengan, seminggu lagi kita berpuasa, " katanya.

Selain itu, salah satu penyebab sakit tenggorokan atau radang tenggorokan adalah perubahan cuaca dan saat kondisi dimana tubuh tidak sehat atau dengan kata lain kurang fit. Apalagi kurang istirahat, saat seperti itu, kemungkinan terkena sakit tenggorokan sangat besar.

"Kebanyakan mengkonsumsi MSG dan cabai juga menjadi salah satu penyebab radang tenggorokan. Cara untuk mencegah sakit tenggorokan atau radang tenggorokan yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh dan makan makanan yang sehat. Istirahat cukup, jangan di bawah enam jam," terangnya.

Karena itu, dia menganjurkan agar banyak minum air, sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air dan istirahat yang cukup. Selain itu, dia meminta umat muslim menjaga kesehatan lambung.

"Biasanya setiap empat jam sekali, lambung kita kosong. Saat itu, asam lambung ini bekerja, untuk menghancurkan makanan. Makanya hindari agar lambung terlalu asam, yang bisa membuat klep (sphincter esofagus) lambung menjadi longgar. Kurangi makan coklat, potongan lemon, cabai yang berlebihan. Cabai ini mengandung banyak vitamin C, mengandung asam askorbat," pungkasnya.

Dia juga menganjurkan, untuk tidak lupa memakai masker jika beraktivitas di luar rumah, ataupun sholat berjamaah, mengingat wabah corona saat ini melanda seluruh negeri. "Jaga jarak, rajin cuci tangan," tambahnya.