Kabar Gembira, Bupati Asahan Umumkan Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja

Kabar Gembira, Bupati Asahan Umumkan Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja
Bupati Asahan H. Surya BSc
Jum'at, 17 April 2020 00:03 WIB
Penulis: Bayu Sahputra
ASAHAN-Bupati Asahan Melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si mengajak serta mengambil kesempatan untuk warga Kabupaten Asahan dalam mengikuti Program Kartu Pra Kerja dengan tahapan seleksi.

Program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Hidayat mengatakan bahwa hal tersebut memiliki Dasar Hukum : Perpres No 36 Tahun 2020, Permenko Bidang Perekonomian No 3 Tahun 2020, PMK No 25 Tahun 2020.

Adapun syarat penerimaan yakni Warga Negara Indonesia, usia minimal 18 tahun sedang tidak mengikuti pendidikan formal, prioritas : Korban PHK untuk Pekerja di Sektor Formal & Informal, UMK & Koperasi yang mengalami kesulitan usaha dikarenakan dampak Covid19.

Hidayat memaparkan manfaat Kartu Prakerja adalah pelatihan, insentif dan sertifikat pelatihan. Penerima Manfaat (Peserta) Kartu Prakerja yaitu pekerja sektor formal korban PHK, pekerja harian di sektor informal, korban PHK dan kesulitan usaha, UMK dan Koperasi yang mengalami kesulitan usaha, setiap Penerima Manfaat (Peserta) akan menerima Rp. 3.550.000 dengan rincian Rp. 1 juta untuk Pelatihan Online, Rp. 600.000/ bulan selama 4 bulan untuk Insentif dan Rp. 50.000/ Survei (3X Survei).

Penerima Kartu Prakerja Tahun 2020 sebanyak 5,6 juta orang seluruh Indonesia dengan kuota untuk Sumut sebanyak 183.904 orang dan dengan kuota perminggu sebanyak 5.409 orang.
Ads

Hidayat menerangkan bahwa penyelenggara pelatihan dilaksanakan oleh Lembaga Pelatihan Swasta, BUMN dan BUMD, Lembaga Pelatihan Pemerintah, Kemenaker, Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Skill, Academy, Sekolahmu, Pijar Mahir, Mau Belajar Apa. Untuk mintra pembayaran di OVO, BNI dan Link Aja. Kemudian pendaftaran dibuka mulai 11 April 2020, dapat lakukan selama 24 Jam Perhari / 7 hari (seminggu). Untuk nomor layanan Kartu PraKerja (021-25541246 Senin-Jumat Pukul 08:00 -19:00 Wib).

Hidayat menuturkan bagi seluruh pendaftar Program Kartu Prakerja harus menyiapkan Handphone atau komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil, Email dan No HP yang aktip, Photo KTP dan Photo selfi dengan memegang KTP dengan ukuran JPEG yang kecil, kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes kemampuan dasar.

Untuk proses pendaftaran Hidayat mengayakan agar daftar dulu di www.kemnaker.go.id dengan memilih Daftar Sekarang, isi semua biodata yang diminta dan DAFTAR SEKARANG. Periksa konfimasi yang dikirim via email dan login kembali dengan user name dan pasword yang telah didaftarkan.

"Kemudian Piliih Menu pelayanan PRAKERJA, pilih 1. Daftar diwebsite Kartu Prakerja, Daftar Sekarang dengan email yang telah didaftarkan di akun www.kemnaker.go.id dan pasword yang diingat dan contreng dan klik DAFTAR. Kemudian cek Konfirmasi yang telah dikirim melalui email dan silakan login dengan user name dan pasword dan Login, isi semua biodata yang diminta uplound KTP dan Selfi photo yang telah disediakan (kebanyakan peserta mengalami kesulitan dan unploud photo selfi dengan KTP). Setelah selesai ada confirmasi melalui SMS dan jawab 2 pertanyaan yang diajukan masalah pekerjaan selanjutnya," jelasnya.

Selanjutnya, sambung Hidayat, Ikuti tes kemampuan dasar dengan menjawab 18 pertanyaan dengan waktu 20 menit (siapkan kertas dan alat tulis) jawab semua pertanyaan yang diajuakan sampai selesai. Hingga muncul gelombang pilihanmu sedang dievaluasi. Yang artinya pendaftaran kartu Prakerja telah selesai dan menunggu hasil kelulusan.

"Bagaimana jika dinyatakan tidak lulus? berarti ikuti tes kemampuan dasar untuk gelombang berikutnya. Untuk info selengkapnya silahkan hubungi Disnaker Kabupaten Asahan," pungkasnya.*
Editor : Sisie
Kategori : Pemerintahan, Umum, Gonews Group, Asahan, Sumatera Utara
www www