SAMOSIR-Dalam rapat yang digelar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Samosir upaya peningkatan kewaspadaan terhadap Corona virus disease (Covid-19), Selasa (17/3/2020) di Aula Kantor Bupati Samosir, di Rianiate, Pangururan, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Samosir dr. Nimpan Karo-karo menyampaikan, Corona belum sampai ke Kabupaten Samosir.

"Hingga saat ini, kasus penyebaran Covid-19 belum sampai ke Samosir, baik yang terinfeksi maupun ODP. Namun masyarakat tetap harus waspada dan melakukan antisipasi dini dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga asupan makanan, buah dan sayuran yang cukup, berolahraga rutin dan menghindari rokok," ucap Nimpan.

Selain menerapkan pola hidup sehat dan bersih, kata Nimpan, juga menghindari tempat-tempat ramai. "Menghindari tempat-tempat ramai, meminimalisir kontak fisik dengan sesama serta lebih sering mencuci tangan dengan air mengalir," imbau Nimpan.

Rapat berlangsung dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, dihadiri oleh Kapolres Samosir AKBP M. Saleh, Kajari Samosir Budi Herman, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon, Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala, para pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, dan Pimpinan Bank Sumut Cabang Samosir.

Dalam kesempatan itu, Juang Sinaga juga menyampaikan, guna meminimalisir penyebaran Covid-19, perlu juga dibentuk tim terpadu yang ditempatkan di titik-titik pintu masuk Samosir dan objek-objek wisata untuk mengantisipasi dengan berbagai alat pendeteksi suhu tubuh dan alat pendukung lainnya.

"Kemudian menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait gejala-gejala dini, pencegahan dan penanganannya," ujar Juang Sinaga.