TOBA-Panwascam Kecamatan Lumbanjulu dengan Kwtua Olo Sirait, lantik 12 orang anggota Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) se-Kecamatan Lumban Julu.Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah janji tugas PKD dilaksanakan di Wisma Raja Daud HKBP Lumban Julu, Kabupaten Toba, Jumat (13/3/2020).

Ketua Panwascam dalam sambutan dan arahannya, mengingatkan seluruh PKD dalam menjalankan tugas dan fungsinya pada pelaksanaan Pemilukada sesuai dengan tugas dan wewenangnya telah diqmanahkan dalam Undang undang No 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Wali Kota/Wakil Walikota, Bupati/Wakil Bupati dalam pengawasan tahapan tahapan Pemilu.

Lanjut Ketua, "Kepada PKD yang telah dilantik hari ini, jalankanlah tugas dan fungsi sesuai dengan tufoksi yang telah diamanahkan Undang Undang. Untuk itu mari kita laksanakan tugas kita di wilayah kerja masing masing. Untuk itu semua PKD harus memahami betul akan tugas dan tanggungjawab masing masing PKD di desa untuk menjalankan tugas pengawasan diseluruh tahapan tahapan pelaksanaan Pilkada di desa.bekerjalah dengan baik, jeli dan sigaplah melihat hak hak warga yang tidak terakomodir serta berbagai dugaan tindakan pelanggaran dalam setiap tahapan dan pelaksanaan Pilkada termasuk mengawasi warga yang belum terdaftar di DPT tapi memenuhi syarat", ungkap Olo.

Kepada seluruh PKD dihimbau supaya tidak ikut ikutan dalam berbagai tindakan dan perlakuan yang bisa melanggar aturan Hukum dan Undang Undang tentang pelaksanaan pemilukada.untuk itu mari kita pegang dan camkan dengan teguh semboyan Bawaslu "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu," tegas Olo Sirait.

Turut hadir, Camat Lumban Julu yang diwakili oleh Sekcam Hertha Wati Simanjuntak, Danramil Lumban Julu diwakili Serka H Simanjuntak, Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba Bidang OSDM Thomson Manurung, Kapolsek Lumban Julu AKP KomandoTarigan, komisoner Panwascam Lumban Julu Sudarso Situmorang, Asmon Pardede dan rohaniawan.

Hadir dalam pelantikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba Bidang OSDM Thomson Manurung, dalam arahannya mengingatkan akan tugas dan tanggungjawab para PKD.

"Begitu anda menandatangi fakta integritas maka anda wajib menjalankan tugas mengkawal Demokrasi dalam pelaksanaan Pemilukada. Karena itulah negara menunjuk dan memerintahkan para PKD untuk melaksanakan tugas pengawasan di tingkat desa.sekali lagi saya ucapkan selamat atas pelantikan para pejuang hebat, pejuang Demokrasi di desa yang merupakan tonggak demokrasi bangsa," tegas Thomson.

Sekcam Lumbanjulu Bertha Wati Simanjuntak, dalam arahan dan sambutannya meminta agar para PKD melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya dengan penuh tanggung jawab serta memegang teguh prinsip independensinya dengan tidak memihak kepada salah satu calon.

"Saya berharap serta menghimbau supaya setiap persoalan yang timbul, masalah apapun itu, kalau bisa tolong diselesaikan di desa, tidak usah sampai dibawa sampai ke Kecamatan, karenanya setiap PKD harus rajin koordinasi dengan Panwascam sebelum mengambil sesuatu keputusan atau tindakan di desa," papar Sekcap.

Danramil Kecamatan Lumban Julu yqng diwakili Serka H Simanjuntak mengajak para PKD untuk bekerja dengan jujur dan iklas serta jangan memihak kepada salah satu pasangan Bacalon/Calon.

Ditegaskannya, "Jika kedua hal ini dikerjakan dengan baik, maka apapun masalah di lapangan pasti bisa diselesaikan dengan baik.sudah menjadi harapan kita bersama bahwa Pilkada Toba harus berjalan dengan Baik, Aman, Tertib dan Kondusif," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua TP. PPK Kecamatan Lumban Julu, Ramot Sirait, mengajak seluruh PKD berikut dengan Panwascam suoaya menjalin sinergitas dan kerja sama yang baik terhadap sesama penyelenggara Pemilukada baik antar Panwascam, PPK serta PKD dan PPS.

"Mari kita saling bersinergi serta menjaga integritas penyelenggara Pemilu demi suksesnya pemilukada Toba 2020, tugas ini memang berat namun tugas ini adalah tugas mulia" demi kamajuan Bangsa dan Negara kita tercinta NKRI.ungkap Ketua TP.PKK Kecamatan Lumbanjuku Ramot Sirait.

Usai pengambilan sumpah janji PKD, acara dilanjutkan dengan penanda tanganan fakta integritas anggota PKD yang telah dilantik.