BALIGE-Dermaga (pelabuhan Kapal) Balige di Jalan Bukit Barisan pinggir Danau Toba Balige Ibukota Kabupaten Toba Samosir di tahun 2020 ini sedang dalam tahapan pelaksanaan pembangunan Pelabuhan serta pelaksanaan persiapannya untuk menyambut kedatangan tamu Negara Raja dan Ratu Belanda tanggal 13 Maret 2020.

Untuk memastikan kesiapan pelabuhan serta pelaksanaan peningkatan pembangunan Pelabuhan Balige Rabu,04/03/2020 pelabuham Balige mendapat kehormatan dengan kunjungan resmi Menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata, Wishnutama Kusubandrio.

Hadirnya ke dua Menteri Kabinet Indonesia Maju di Pelabuhan Balige, didampingi Bupati Tobasa Darwin Siagian guna meninjau Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Balige dan kesiapannya untuk menerima kehadiran tamu Raja dan Ratu Belanda beserta rombongannya untuk mengunjungi beberapa spot kawasan wisata perairan Danau Toba di bulan !arey 2020 ini.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut Putu Sumarjaya,M.Sc kepada Menko Maritim dan Menteri Pariwisata menjelaskan, Untuk pelaksanaan pengerjaan pembangunan pelabuhan Balige Kab.Toba Samosir dikerjakan dalam tenggat waktu 3 Tahun/multiyears (3 Tahapan pelaksanaan pembangunan) dan sudah dimulai sejak tahun 2019 yang lalu sebagai pembangunan tahap awal (I) dan tahun 2020 ini sebagai pembangunan tahap ke II dan untuk pembangunan tahap ke III tahun 2021 dengan total Anggaran dari APBN Rp.76.7 Milliar.

Selanjutnya Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut Putu Sumarjaya,M.Sc sembari menunjukkan master plan pembangunan pelabuhan Balige dan menjelaskan pekerjaan pembangunan yang sedang dilaksanakan di bulan Maret tahun 2020 ini kepada ke 2 Menteri. dijelaskannya, untuk pengerjaan saat ini masih dalam tahap pengerjaan pemasangan tiang pancang dan selanjutnya nanti pelaksanaan pembangunan dermaga dan gedung kantor serta beberapa gedung fasilitas pendukung pelabuhan lainnya sebagiaman yang telah direncanakan dalam induk master plan pembangunan pelabuhan Balige ini.

Lebih rinci di jelaskan Putu, untuk tahun 2020 ini, pembangunan pelabuhan Balige sedang dilanjutkan dengan item pekerjaan Movable Bridge, Mooring dan Breasting Dolphin, Ponton Baja, Dudukan hidrolik, pekerjaan pelindung movable bridge dan gedung terminal.

Selanjutnya pada tahun 2021, pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah finishing gedung terminal, interior gedung terminal, pemasangan lift dan eskalator serta land scape dan lapangan parkir.ungkap Putu sumarjaya sembari menunjukkan tiang pancang yang sudah terpasang di pelabuhan Balige sebagai awal pelaksanaan pembangunan.

Dalam kunjungan dan peninjauan pelabuhan Balige Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan tidak banyak memberikan tanggapan. Menko berpesan laksanakan pembangunan secepatnya dengan baik dan tepat waktu serta tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Kepada masyarakat pelabuhan Balige Menko Maritim Luhut B Panjaitan berpesan, "mari kita secara bersama sama mendukung pelaksanaan pembangunan pelabuhan Balige ini,dan jagalah kebersihan serta nantinya pelabuhan harus dijaga dan dirawat, untuk itu jaga serta pergunakanlah fasilitas yang sudah terbangun dengan baik," himbau Luhut.

Selanjutnya melanjutkan kunjungan kerjanya meninjau lokasi daur ulang sampah di Jalan Somba Debata Balige. Dilanjutkan peninjauan lokasi wisata Tara Bunga dusun Siambat Dalan di Dolok (Bukit) Singgolom Kecamatan Tampahan Toba Samosir.