Raker Percepatan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa, Dirjen Adwil Wakili Mendagri

Raker Percepatan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa, Dirjen Adwil Wakili Mendagri
Foto: Puspen
Selasa, 25 Februari 2020 18:55 WIB
PAPUA - Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Eko Subowo, mewakili Mendagri memberikan pengarahan sekaligus membuka kegiatan Raker Percepatan Penyaluran & Pemanfaatan Dana Desa di Swissbell Hotel Jayapura, Papua, Selasa (25/02/2020).

Sebagaimana diketahui, Kementerian Dalam Negeri bersama Pemerintah Provinsi menggelar pelaksanaan Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa di seluruh provinsi se- Indonesia.

Kemendagri ingin memastikan bahwa arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas (Ratas) mengenai penyaluran Dana Desa untuk tahun 2020 bulan Desember lalu telah dilaksanakan.

Dalam Ratas tersebut, Presiden menekankan agar penyaluran Dana Desa benar-benar efektif dan memberikan manfaat nyata bagi Desa.

Ads
"Pak Mendagri menitipkan agar Pemerintah Provinsi mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota melakukan fasilitasi kepada Pemerintah Desa dalam pengelolaan Dana Desa. Selain itu juga berperan aktif dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Desa selaku wakil Pemerintah di Daerah," kata Eko.

Tak hanya itu, Melalui Eko, Mendagri juga menitipkan pesan untuk Pemerintah Daerah (Pemda) agar melakukan langkah-langkah percepatan penyaluran dan pengelolaan Dana Desa.

Pertama, segera menyiapkan dan memantau persyaratan yang dibutuhkan untuk pencairan Dana Desa Tahap Pertama.

Kedua, menyiapkan SDM dan prasarana pendukung lain untuk melakukan verifikasi dokumen penyaluran.

"Kebijakan ini menjadikan peran Pemerintah Kabupaten/Kota semakin kuat dalam pembinaan dan pengawasan Dana Desa," kata Eko.

Ketiga, pemantapan pembinaan dan pengawasan ke Desa khususnya memperkuat peran APIP Kabupaten/Kota untuk pengawasan pengelolaan keuangan Desa khususnya Dana Desa, termasuk peran Camat.

Keempat, tertib dalam penyampaian laporan Dana Desa dan laporan konsolidasi pelaksanaan APBDesa.***
Editor : Muhammad Dzulfiqar
Kategori : Gonews Group, Ekonomi, Pemerintahan, Politik
www www