MEDAN – Sebagai upaya meningkatkan kompetensi para Kader JKN, BPJS Kesehatan Cabang Medan terus membekali Kader JKN dengan informasi terbaru tentang Program Jaminan Kesehatan Nasioal - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Untuk itu, pada Rabu (19/02) bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan dilaksanakan pertemuan pembekalan Kader JKN sekaligus evaluasi kinerja Kader JKN pada tahun 2019. “Melalui kegiatan hari ini selain sebagai wadah silaturahmi, kami berharap Kader JKN mendapatkan pengetahuan baru mengenai Program JKN-KIS, baik dari materi yang dipaparkan ataupun dari sharing session sesama Kader JKN yang nantinya akan berguna saat Kader JKN turun ke masyarakat,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Medan, Fauziah Anwar.
 
Fauziah menjelaskan bahwa nantinya kegiatan seperti ini akan dilakukan secara rutin, dengan tujuan agar Kader JKN mengetahui hal-hal terbaru mengenai Program JKN-KIS dan untuk selanjutnya menurut Fauziah diharapkan para Kader JKN dapat menyampaikan ke masyarakat di wilayah binaannya, mengingat Kader JKN menjadi ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
 
Kader JKN sendiri merupakan masyarakat yang direkrut oleh BPJS Kesehatan dengan kapasitas dan kriteria tertentu untuk melakukan fungsi pengingat dan pengumpul iuran, fungsi pemasaran sosial, fungsi kepesertaan, dan fungsi pemberi informasi.
 
Dalam kegiatan yang sama juga dilakukan evaluasi dan apresiasi kepada Kader JKN yang berprestasi di wilayah Kantor Cabang Medan.
 
“Alhamdulillah, jika kami diberikan apresiasi oleh BPJS Kesehatan, walaupun bukan itu tujuan utama saya menjadi Kader JKN, niat saya bergabung menjadi Kader JKN agar lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu dengan program ini,” ungkap salah satu Kader JKN, Yanti. 
 
Yanti juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan agar Kader JKN mendapatkan tambahan ilmu dan dapat lebih update memberikan informasi dan pemahaman tentang Program JKN-KIS kepada masyarakat sekaligus jadi ajang diskusi untuk mencari solusi mengenai permasalahan yang didapati Kader JKN di lapangan.
 
Pada pertemuan tersebut, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan kepada Kader JKN beberapa kemudahan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS antara lain BPJS SATU (Siap Membantu) yang ada di rumah sakit, Program PRAKTIS (Perubahan Kelas Tidak Sulit), Display Kelas Perawatan di rumah sakit, penambahan fitur Antrean Elektronik di Aplikasi Mobile JKN, pelayanan Hemodialisa cukup dengan fingerprint dan masih banyak kemudahan layanan lainnya.