SAMOSIR-Guna menindaklanjuti hasil kesimpulan rapat Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir, dalam rangka membahas dan menetapkan jadwal pengesahan program kerja DPRD Samosir Tahun Anggaran (TA) 2020, DPRD Samosir melakukan reses I di Kecamatan Pangururan untuk menyerap aspirasi konstituen masyarakat, Senin (17/2/2020) di Aula HKBP, Resort Pangururan.

Reses I di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Pangururan-Ronggurnihuta, mengundang seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Pangururan, Lurah, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, tokoh agama, Kepala Puskesmas (Kapus), Puskesmas pembantu, organisasi pemuda, dan seluruh kepala sekolah (mewakili) mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Tampak hadir seluruh Anggota DPRD Samosir terpilih dari Dapil 1, yakni Renaldi Naibaho (PDIP), Sorta Ertaty Siahaan (PDIP), Baringin J Sihotang (Demokrat), Nasip Simbolon (PKB), Jonner Simbolon (Nasdem), Polma H Gurning (Nasdem), Polten Simbolon (Golkar), Saur Tua Silalahi (Gerindra), dan Camat Pangururan Bresman Simbolon.

Pantauan www.gosumut.com, dari setiap usulan yang disampaikan para perwakilan yang hadir mengikuti reses I berlangsung, baik sekolah, desa, dan Puskesmas, masih mengarah kepada perbaikan infrastruktur, mulai dari infrastruktur jalan, pembenahan sarana prasarana sekolah seperti pembenahan halaman agar dibuatkan paving block, pembangunan pagar sekolah.

Beberapa desa ada juga yang mengusulkan untuk pembenahan situs-situs wisata yang ada di desa yang selama ini dianggap belum tersentuh mulai dari infrastruktur jalan penghubung antar desa, pembenahan akses menuju situs. Ada pula yang mengusulkan pembangunan sarana ketersediaan air, baik untuk kebutuhan air bersih dan kebutuhan air pertanian.

Usulan lainnya dari desa, juga menyinggung sulitnya mendapatkan pasokan pupuk subsidi, agar kuota, standar harga pupuk, dan ketersediaan pupuk di Samosir kedepan diperjelas dan secepatnya terealisasi.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pangururan, Jasudin Sinaga, pada kesempatan berlangsung, menyempatkan diri menyampaikan permohonan kepada para anggota DPRD Samosir dari Dapil 1 agar memperhatikan kesejahteraan para guru SMA yang saat ini sudah kewenangan Provinsi.

"Kita bermohon, agar mutu pendidikan dan kesejahteraan guru SMA di Kabupaten Samosir ditingkatkan, melalui dana APBD," singkat Jasudin Sinaga.

Camat Pangururan Bresman Simbolon selaku moderator acara, menyarankan kepada para Kepala Desa dan perwakilan masyarakat yang hadir, agar mengusulkan hal-hal yang tidak dapat disentuh menggunakan Dana Desa (DD). "Kalau masih bisa menggunakan Dana Desa, tidak perlu disampaikan disini. Usulkan diluar itu saja," imbau Bresman.