KARO-Aktifitas warga Binaan Rutan Kls IIB Kabanjahe yang awalnya tertib dan langgeng jelang makan siang sekiran pukul 11.30 WIB, sontak berubah menjadi panik karena terkepung asap dari api yang berkobar dari beberapa titik didalam Rutan tersebut. Rabu (12/2/2020).

410 warga binanaan dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa buah kesigapan dari Batalyon Infantri Simbisa 125/TK yang mengerakan hampir 200 personil, Kodim 0205 TK, jajaran Polres Tanah Karo, Satpol PP serta kesigapan Tim Damkar Pemadam Kebakaran Tanah Karo.

Dilokasi amatan Gosumut situasi sanggat mencekam. Kobaran api yang besar dan batu-batu dilempari dari dalam lapas, sempat melukai beberapa petugas yang berusaha mengevakuasi dilokasi.

Sempat terjadi insiden perlawan dari warga Binaan Kls IIB Kabanjahe ditengah -tengah kobaran Api, berupa lemparan batu tersebut belum diketahui penyebabnya hal tersebut.

Sumber akar permasalahan yang berujung terjadinya kebakaran yang menghabiskan seluruh bagunan Rutan Kls IIB Kabanjahe tersebut, Diduga berawal dari adanya pertikaian antara warga Binaan, yang memicu terjadinya kebakaran tersebut.

Terlihat Mhd Jahari Sitepu SH MSI kepala Divisi Permasyarakaratan Wilayah Sumatera Utara, langsung terjun dilokasi sekiran pukul 14.34 WIB, disela-sela evakuasi warga Binaan Rutan Kls IIB Kabanjahe, mengatakaan kepada sejumlah wartawan saat ini masih fokus dengan evakuasi.

Hingga berita ini dinaikan, Karutan Kls IIB belum memberikan tanggapan. Terlihat dilokasi petugas dari Polres Tanah Karo, TNI dan Sipir Rutan Kabanjahe masih mengevakuasi Warga Binaan Rutan KlS IIB ketempat yang aman.