LABUHANBATU - Satuan Pengamanan (Satpam) memperingati HUT ke 39 yang digelar di Halaman Apel Mapolres Labuhanbatu, Jalan MH Thamrin Rantauprapat, Rabu (22/1/2020) pagi.

Dalam pelaksanaan HUT yang jatuh setiap 30 Desember ini, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan perwira upacara Ridho Awalin selaku Satpam PLN, dan komandan upacara Wahyu Dalimunthe Satpam Suzuya Rantauprapat.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat dalam arahannya menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis yang mengucapkan selamat HUT Satpam ke 39 kepada seluruh Satuan Pengamanan dimanapun bertugas.

Kapolres melanjutkan, dalam momentum yang penuh kehormatan ini, marilah kita sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus bapak Satpam Indonesia Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. H. Awaloedin Djamin, MPA yang telah berjasa besar dalam membentuk mengembangkan dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia.

"Semoga kita sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian perjuangan dan prestasi beliau dalam setiap pelaksanaan tugas. Teriring doa, semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi allah subhanahu wa ta'ala Tuhan yang maha kuasa,"ucap Kapolres.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, lebih lanjut Kapolres menjelaskan, Satpam merupakan salah satu Mitra Utama Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas. Oleh karena itu setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.

Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif, dengan demikian, profesi serta memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut, saya menilai bahwa tema yang diangkat dalam perayaan HUT ke 39 Satpam ini sangat tepat, yaitu "Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju".

"Tema tersebut juga selaras dengan kebijakan Presiden RI, yaitu pembangunan SDM serta program prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan harkamtibmas," terangnya.

Sebelum mengakhiri amanat tersebut, Kapolres juga menyampaikan beberapa imbauan kepada seluruh anggota Satpam untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu senantiasa jaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah, Tuhan yang maha esa.

• Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi satpam.

• Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas.

• Terus tingkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

• Tingkatkan kerjasama sinergis dengan jajaran TNI Polri, serta stakeholders lain dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

• Gelorakan budaya penanaman pohon di lingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam.

Selesai upacara, seluruh peserta bergegas menuju Gedung Sebaguna Polres Labuhanbatu untuk menggelar syukuran.