MEDAN - Rancangan pembangunan mushola Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU) sudah rampung 80%. Ditargetkan peletakan batu pertamanya, akan dilakukan awal Ramadhan 1441 H atau sekitar April mendatang.

Ketua panitia pembangunan mushola, Syahlan Jukhri Nasution, Selasa (14/1) mengatakan, sebelum dilakukan pembangunan sayembara desain dengan tim ahli dari Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) dan diikuti sekira 50 peserta.

"Awalnya sudah dilakukan sayembara desain untuk musahola Fakultas Teknik dan sudah didapatkan pemenang. Hasil desain ini menjadi hak panitia untuk dipakai atau tidak," ujar Syahlan di dampingi Sekretaris, Fera Sahala dan Bendahara, Nismah Panjaitan.

Disebutkannya terdapat tiga pemenang sayembara ini. Peserta sayembara ini tidak seluruhnya muslim, ada juga yang non muslim. Bahkan salah satunya merupakan desain rancangan peserta dari Universitas Methodist Indonesia (UMI). Namun dalam aplikasi, keputusan tetap di tangan panitia dan alumni.

"Saat ini, rancangan bangunan sudah 80% dan akan memasuki tahap finishing dan selanjutnya tahap pembangunan," ujarnya.

Dia menambahkan ketentuan dalam sayembara tersebut tetap mempertahankan desain lama dari mushola. Untuk peserta dari UMi Pemenang non muslim, dari Umi (metodish) ini, dalam desainnya, hanya memberikan beberapa sentuhan akan tetapi desainnya terlalu luas. Sehingga harus dilakukan penyesuaian dengan luas areal mushola.

Lama pembangunan diperkirakan membutuhkan waktu satu tahun. Sedangkan pendanaan bersumber dari swadaya alumni dan sponsor dengan estimasi biaya Rp5 miliar.

"Mushola ini nantinya dua lantai dan dilengkapi dengan taman," imbuhnya.