NISEL-Pada bulan Januari 2020, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas PUPR akan melakukan tender 6 paket besar yakni pembangunan sejumlah jalan dan jembatan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020 di beberapa wilayah Nias Selatan.

Hal ini dikatakan Kadis PUPR Nisel, Erwinus Laia, S.Sos, MM,.MH saat temu pers di Kantor Dinas tersebut, Jalan Saonigeho Km 3, Telukdalam, Selasa, (14/1/2020) didampingi Sekdin, Arsennius Halu, Kabid Bina Marga, Berkat Zebua, Kabid SDA, Obedi Syukur Hulu, Kabid Peralatan, Adventinus Zendrato dan sejumlah Kepala Seksi dan staf Dinas PUPR Nisel.

Beberapa paket yang akan segera ditender di bulan Januari yaitu pembangunan jalan di Susua sampai ke ibukota Kecamatan Susua dengan pagu dana sekitar 9 miliar lebih, pembangunan jalan Eho Tebolo Kecamatan Hibala Rp. 1,5 miliar, pembangunan jembatan sungai Oyo di Kecamatan Ulunoyo Rp. 8 miliar lebih, rehabilitasi jalan Bawogosali Rp.4 miliar, pembangunan jembatan Idanotae Lolosoni Rp.4,3 miliar lebih dan pembangunan jalan lingkar bawah Baloho menuju dermaga baru Rp.3,4 miliar.

"Ini perencanaannya sudah siap dibuat makanya kita tender cepat sehingga pelaksanaannya cepat selesai. Target kita sebelum bulan September atau sebelum musim hujan datang, pekerjaan sudah selesai. Ini juga agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," pungkasnya.

Selain itu, sambung dia, ada juga program pembukaan badan jalan secara swakelola dari SMA Negeri 1 Telukdalam menuju Hilisondrekha dan pengerasannya juga tahun ini akan ditender.

Dan masih banyak lagi pembangunan jalan lain dan infrastruktur lain pada bidang SDA, Tata Ruang dan program lainnya seperti program Pamsimas atau pembangunan air bersih.*