MEDAN - Advokat dan dosen Pasca Sarjana Magister Ilmu Hukum di Universitas HKBP Nomensen Medan, Dr Sarbudin Panjaitan, SH, MH (foto) menilai munculnya Bobby Nasution dibursa Wali Kota Medan pada Pilkada 2020 menjadi kekuatan yang sangat diperhitungkan.

‘’Bobby tak lain merupakan menantu Presiden Joko Widodo dan telah mendaftar dan dinginkan hampir semua partai politik sebagai Calon Wali Kota Medan. Bobby juga masih muda diyakini mampu merangkul kalangan milenial,’’ ucap Sarbudin yang juga dosen tetap di Sekolah Tinggi Hukum Yayasan Nasional Indonesia (STH-YNI) Pematang Siantar tersebut kepada wartawan melalui telpon seluler, Kamis (26/12/2019).

Nah, siapa yang cocok dan pas mendampingi Bobby ? Sarbudin kontan manjawab Mhd Syafii. ‘’Dr Drs H Mhd Syafii, SH, MH, MSi dikenal sebagai sosok orangtua atau dapat menjadi panutan yang sarat pengalaman, mantan birokrat yang kini sedang menggeluti dunia pendidikan. Selain itu, Mhd Syafii etnis Melayu bergelar Datuk Panglimo Mudo (Minang). Dari pengalaman di Biro Keuangan Pemprov Sumut dengan meraih penghargaan pengelolaan keuangan daerah terbaik se-Indonesia, Mhd Syafii pantas menjadi wakil Bobby,’’ tegas Sarbudin.

Lebih lanjut, Sarbudin mengatakan, sosok Mhd Syafii dinilai sebagai pekerja yang tekun dan ulet. Mhd Syafii diyakini dapat membantu dan meringankan tugas Wali Kota dengan program Geber Medannya atau Gerakan Berbenah Medan. ‘’Saya sudah baca visi-misi Mhd Syafii melalui program Geber Medannya, sangat bagus mencakup seluruh aspek pembangunan,’’ sebut Sarbudin.

Kalau kita runut kebelakang sejak Wali Kota dijabat Bakhtiar Djafar, kolaborasi Mandailing-Melayu selalu muncul yakni Abdillah-Ramli Lubis, Rahudman Harahap-Dzulmi Eldin dan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution.

‘’Bukan mengecilkan potensi etnis lain, namun itulah fakta sejarah,’’ tutup Sarbudin.*