MEDAN-Momentum perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2020, pelayanan unit rawat jalan di sejumlah rumah sakit pemerintah di Kota Medan diliburkan, yakni Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) dan RSUD dr Pirngadi Medan.

Menurut Kasubbag Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak pelayanan di rumah sakit milik Kemenkes ini tetap akan berjalan selama 24 jam, yaitu bagi pasien emergency dan juga rawat inap.

"Untuk rawat jalan, layanannya memang akan diliburkan, yakni 2 hari pada Natal dan 1 hari pada Tahun Baru," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).

Selain itu, lanjut Rosa, RSUP HAM juga tetap akan membuka layanan Hemodialisa (cuci darah) dan juga layanan Kemoterapi. Tak ketinggalan, sambung dia, di Instalasi Gawat Darurat (IGD) 5 dokter spesialis, yakni obgyn, spesialis anak, anastesi, spesialis bedah, dan spesialis penyakit dalam juga tetap akan standby seperti biasa.

"Intinya kita tetap akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," terangnya.

Terpisah, Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin mengatakan, bahwasanya rumah sakit milik Pemko Medan ini juga akan meliburkan layanan polinya. Kendati begitu, layanan rumah sakit akan terkonsentrasi di layanan IGD.

"Layanan tetap akan berjalan. Hanya saja akan lebih fokus di IGD," sebutnya.

Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru ini, Edison juga mengatakan, jika RSUD dr Pirngadi Medan juga akan standby untuk melayani pasien rujukan dari posko kesehatan yang akan disebarkan oleh Dinas Kesehatan. Hanya saja, ujar Edison, RSUD dr Pirngadi memang tidak terlibat langsung dengan keberadaan posko kesehatan tersebut.

"Jadi kalau ada rujukan dari posko kesehatan, sifatnya akan langsung kita tangani," pungkasnya.*