MEDAN-Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020. PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) memastikan, pemadaman listrik tidak.

Hal ini dikatakan General Manager PLN UIW Sumut, M. Irwansyah Putra bahkan pihaknya memastikan keandalan layanan kelistrikan saat perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Kita memastikan keandalan layanan kelistrikan. Kita bahkan tidak ada melakukan pekerjaan pemeliharaan agar tidak ada pemadaman,” kata Irwansyah baru-baru ini pada wartawan.

Irwansyah menjelaskan, optimisme PLN ini didasarkan pada cadangan daya listrik yang tersedia di Sumatera Utara. Menurutnya saat ini daya listrik Sumut sudah dalam kondisi surplus, sehingga mampu mendukung kebutuhan listrik meskipun dalam kondisi beban puncak.

Selain itu dari sisi kesiapan petugas, kata Irwansyah, pihaknya juga sudah menyusun skema penanganan siaga terhadap gangguan-gangguan kelistrikan yang mungkin disebabkan oleh kondisi alam.

“Kita telah memetakan potensi gangguan, dan kita sudah menyiagakan personil untuk bergerak cepat jika satu saat dibutuhkan. Kita sudah memetakan daerah yang rawan gangguan kelistrikan,” sebut Irwansyah.

Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut, Taufik Hidayat menambahkan, selain menyiagakan personil, pihaknya juga menyiapkan berbagai fasilitas pendukung untuk memastikan penanganan gangguan kelistrikan akibat kondisi alam.

Hal ini juga untuk mendukung kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru yang dipastikan membuat permintaan daya semakin besar.

“Ada sekitar 427 penyulang yang melayani pelanggan di Sumatera Utara. Dan kita masih memiliki cadangan sekitar 400 hingga 500 MW. Jadi dari sisi ketersediaan sangat mencukupi sekalipun pada kondisi beban puncak. Kita juga menyiagakan 156 genset dan ratusan UPS untuk mendukung keandalan layanan listrik,” ungkapnya.*