PALUTA - Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019 Se-Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Paluta gelar apel pemberangkatan personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan di lapangan kantor Bupati Paluta, Selasa (12/11/2019).

Apel pemberangkatan personel Gabungan ini digelar untuk melaksanakan PAM pelaksanaan Pilkades serentak Se-Paluta 2019 yang dipimpin Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto mewakili Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib yang sedang mengahdiri kegiatan di Mapolda Sumut.

Apel gabungan itu juga tampak dihadiri wakil Bupati Paluta H.Hariro Harahap, Sekda Paluta H.Burhan Harahap, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Paluta Syahbana P Surbakti, Danramil 05 Padang bolak Kapten (Inf) Misran Dalimunthe, Danramil06 Dolok Kapten (Inf) Tenggar Harahap, Kapolsek Padang bolak AKP Zulfikar, sejumlah Perwira Polres Tapsel, Pimpinan OPD Paluta, Camat Se-kabupaten Paluta serta unsur Muspida lainnya.

Kompol Jumanto menyampaikan permohonan maaf dari Kapolres Tapsel yang tidak dapat memimpin langsung apel tersebut dikarenakan sedang menjalankan tugas menghadiri kegiatan di Mapolda Sumut sekaligus menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada seluruh personel PAM TNI - Polri, Satpol PP dan Dinas perhubungan yang hadir.

"Pak Kapolres menyampaikan permohonan maaf beliau karena tidak dapat hadir untuk memimpin langsung apel ini dikarenakan beliau sedang ada kegiatan di Mapolda Sumut, namun demikian harapan saya hal ini tidak menyurutkan semangat kita untuk kesiapan sebagai petugas keamanan dalam mengantisipasi dan mengamankan pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Paluta," kata Wakapolres.

Dirinya juga mengimbau personel saat menjalankan tugas PAM di TPS masing masing untuk menindak tegas oknum-oknum yang melakukan kegiatan kegiatan yang melanggar aturan seperti praktek suap (money politic), kegiatan kampanye dan perilaku perilaku yang mengarah untuk berbuat kecurangan serta mengatisipasi tindakan tindakan provokatif yang mengganggu keamanan dan kekondusifan saat berlangsungnya pilkades.

Terpisah, Kepala dinas PMD Paluta A.R Marjoni saat ditemui usai kegiatan kepada wartawan mengatakan Pilkades serentak 2019 yang akan dilaksanakan besok Rabu (13 /11/2019) akan diikuti 161 desa dari 12 Kecamatan yang terdiri dari 161 TPS Se-Kabupaten Paluta.

"Sebelumnya rencana awal yang akan menggelar pikades di Paluta ini berjumlah 169 desa, namun 8 desa diantaranya ditunda sesuai surat keputusan bapak Bupati minggu yang lalu," jelas Marjoni.

Marjoni menambahkan ada 8 desa yang ditunda untuk melaksanakan pilkades tahun 2019 sesuai petikan SK Bupati Paluta nomor :180/235/K/ 2019 yakni, Desa Purba Sinomba, Desa Padang Bujur Baru, Desa Galanggang, Desa Baringi SIP, Desa Mompang Dolok, Desa Rancaran, Desa Rongkare dan Desa Parigi.