BUKITTINGGI - Kegiatan wisata bisa memberikan jeda bagi anak agar menjauh sejenak dari gadget. Salah satu agenda wisata yang menarik dikunjungi bersama anak adalah Festival Mainan Anak Nagari digelar di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Festival Permainan Anak Nagari ini berlangsung di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, pada Sabtu dan Minggu, 19 - 20 Oktober 2019. Dalam festival ini, orang tua dapat mengenalkan aneka permainan tradisional kepada anak-anak sekaligus mengajaknya bermain.

Dikutip dari Tempo.co, tokoh masyarakat Bukittinggi yang menjadi Panitia Festival Permainan Anak Nagari, Dedi Fatria Dt Mangkuto Sutan mengatakan, festival ini diadakan untuk mengenalkan dan menghidupkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda.

"Permainan tradisional juga membuat anak lebih banyak bergerak ketimbang sibuk main ponsel," kata Dedi.

Sejumlah permainan tradisional yang disediakan di Festival Permainan Anak Nagari ini, antara lain congklak, egrang, tarompa sayak, tangkelek panjang, galah, kampar, patok lele, dan gasiang. Ada juga beberapa permainan yang dilombakan agar anak-anak tambah semangat memainkannya.

"Anak-anak akan berinteraksi dengan teman seusianya," kata Dedi.

Jika sudah lelah bermain, anak-anak bisa menikmati aneka jajan tradisional di tempat Festival Permainan Anak Nagari ini berlangsung. ***