Putus di Agustus Lalu, Gorong-Gorong di Mazino Kini Amblas

Putus di Agustus Lalu, Gorong-Gorong di Mazino Kini Amblas
Jembatan darurat yang dibuat warga 4 Desa di Mazino pasca amblasnya gorong-gorong tersebut akibat diterjang banjir besar
Jum'at, 11 Oktober 2019 16:27 WIB
Penulis: Halawa

NIASSELATAN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Nias Selatan khsususnya Kecamatan Mazino dari Kamis (10/10/2019) sampai Jumat (11/10/2019) dini hari, menyebabkan terjadinya banjir besar. Kondisi ini membuat amblasnya gorong-gorong sepanjang kurang lebih 10 meter dekat badan.

Sebelumnya, gorong-gorong tersebut putus pada 24 Agustus 2019 lalu tepatnya dekat Jembatan Bailey Sungai Idanolawa, Desa Hililaza Hilinawalo Mazino.

Kondisi ini mengakibatkan terganggunya aktivitas warga di 4 desa. Pasalnya, gorong-gorong tersebut berada pada badan jalan penghubung utama 4 desa di Kecamatan Mazino dan Kota Telukdalam sebagai Ibukota Kabupaten Nias Selatan.

Pj.Kepala Desa Hililaza Hilinawalo Mazino, Perubahan Harefa, melalui pesan Whatsapp, Jumat (11/10/2019), membenarkan peristiwa itu.

Ads
"Ya benar, ada gorong-gorong dekat badan jalan yang putus pada Agustus lalu, tepatnya dekat jembatan Bailey sungai Idanolawa Desa Hililaza Hilinawalo Mazino, (kini) amblas diterjang banjir besar lantaran hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Mazino dari kemarin malam hingga dini hari tadi," jelasnya.

Pasca amblasnya gorong-gorong tersebut, lanjut dia, dirinyaa bersama warga di 4 desa bergotong royong membuat jembatan darurat dari batang pohon kelapa.

"Saat ini kita sedang bergotong royong bersama warga 4 desa yakni Desa Hililaza Hilinawalo Mazino, Hilinawalo Mazino, Hilizoroilawa dan Hilifondrege. Kita buat jembatan darurat pada gorong-gorong yang putus itu. Ada sekitar kurang lebih 10 meter panjangnya gorong-gorong yang amblas tersebut," tuturnya.

Ia berharap, Pemerintah Daerah Nias Selatan dapat memberi perhatian serius dengan menganggarkan pembangunan gorong-gorong itu guna memperlancar akses penghubung utama warga di 4 desa di Kecamatan Mazino dan Kota Telukdalam sebagai Ibukota Kabupaten Nias Selatan.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Peristiwa, Sumatera Utara, Nias Selatan
www www