SERDANG BEDAGAI - Bupati Sergai Ir H Soekirman di dampingi Asisten Ekbangsos Ir H Kaharudin melepas 64 Kafilah untuk mengikuti seleksi Qasidah/Nasyid XVII Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Senin (7/10) di Aula T. Rizal Nurdin Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,

Bupati mengaku sangat bangga dengan putra-putri Sergai yang masih mampu mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang positif.

"Sehingga keikutsertaan dalam  seleksi ini bukan hanya semata ingin memperebutkan gelar juara, tetapi sebagai upaya putra-putri dan Pemkab Sergai untuk melestarikan budaya bangsa khususnya Qasidah/Nasyid," teragnya.

Bupati berharap, peserta dapat memperoleh hasil yang baik dalam seleksi tingkat provinsi tahun ini.

"Meraih gelar juara bukanlah tujuan akhir dari seleksi ini, yang lebih penting lagi bagaimana seni Qasidah/Nasyid dapat berkembang luas di tengah masyarakat," pungkas Bupati Soekirman

Sementara itu, Kabag Kesra Arianto dalam laporan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan seni budaya yang Islami untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Seleksi seni Qasidah/Nasyid XVII tingkat Provsu tahun 2019 diawali dengan pemusatan latihan mulai tanggal 29 Agustus - September 2019 bertempat di Hotel Garuda Medan dan dilanjutkan dengan pelaksanaan seleksi pada 7 - 11 Oktober 2019 bertempat di Asrama Haji Medan.

Adapun Kafilah Sergai tersebut terbagi dalam beberapa group antara lain 12 orang grup remaja putra, 12 orang grup remaja putri, 12 orang grup dewasa putra, 12 orang grup dewasa putri, 6 orang bintang vokalis, 10 orang official.