Home >  Berita >  Pendidikan

Pemda Karo juara 1 untuk Desa Unggul Tingkat Nasional 2019

Pemda Karo juara 1  untuk Desa Unggul Tingkat Nasional 2019
Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH menerima penghargaan juara 1 Pemda yang memiliki Desa Unggulan Tingkat Nasional 2019, diserahkan oleh kepala kantor wilayah DJPB Provsu Tiarta Sebayang.
Rabu, 02 Oktober 2019 15:57 WIB
Penulis: Teguh Andika
TANAH KARO-Kementrian keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan kantor wilayah provsu sebulan yang lalu telah melaksanakan pemetaan desa desa unggulan unluk dlusulkan masuk dalam success story Dana Desa Kementerian Keuangan. Pemda karo salah satu dimonitoring dan dievaluasi terkait penggunaan Dana Desa.

Sebelumnya, Monitoring dilakukan untuk chek and ricek terkait ada dua desa di kec. Berastagi kab Karo dianggap berhasil dalam pengelolaan dana desa, faktor ini tim Kantor Wilayah ditjen Perbendaharaan (Kanwil DJPB ) Provinsi Sumatera Utara turun kalapangan 10 september 2019, peninjauan faktual secara langsung.

Desa yang dikunjungi kala itu, Desa Raya dan Desa Sempajaya keduanya kec. Berastagi kab. Karo, dan sungguh mengejutkan Hasil yang didapat tim Ditjen DJPB, kedua desa tersebut masuk nominasi terbaik dalam pengelolaan dana desa-nya.

Dasar ini, Bupati karo Terkelin Brahmana diundang untuk hadir dalam Rakor Pemda Se-Sumatera Utara Tahun 2019 bertemakan " Evaluasi Pelaksanaan Anggaran dan sekaligus menerima penghargaan juara 1 dalam rangka Pemda yang memiliki Desa Unggulan Tingkat Nasional 2019.
Ads

Terkelin Brahmana membenarkan telah menerima penghargaan juara pertama kategori Pemda yang memiliki desa unggulan tingkat nasional 2019. Penghargaan ini langsung diserahkan oleh kepala kantor wilayah DJPB Provsu Tiarta Sebayang, Rabu (2/10/19) ruang KualaNamu Lantai 9 Kantor Perwakllan Bank Indonesia Prov. Sumut JI. Balal Kota No. 4 Kesawan, Medan.

"Proses penerimaan penghargaan ini, sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan, sebab jauh hari, tim yang dibentuk oleh kepala kantor DJPB (Ditjen Perbendaharaan) Provsu sudah menilai dan bekerja, melihat kelayakan desa Raya dan Desa Sempajaya, dikemas masuk kedalam success story Dana Desa Kementerian Keuangan terbaik," tuturnya.

Menurutnya, apa yang diraih ini merupakan kerjasama kepala desa dan masyarakatnya ada kepedulian, sebab ada kepedulian pasti ada perubahan. "Inilah perubahan itu, ada keberhasilan, orang lain yang menilai, bukan pemda karo," tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan Terkelin bagi desa desa yang belum secara maksimal dapat mengelola anggaran dana desa-nya, agar lebih fokus dan intensifkan kembali. "Lebih baik berguru kepada Desa yang sudah teruji kemampuannya dari pada menuai masalah dikemudian hari akibat kurang kepedulian," tegasnya.

Sementara kepala Kantor Wilayah DJPB Provsu Tiarta Sebayang mengucapkan dan mengapresiasi atas keberhasilan pemda Karo atas terpilih-nya dua desa menjadi sang juara nomor 1 diantara pemda kabupaten lain, dalam pengelolaan dana desa-nya.

"Keberhasilan ini tentunya, bagian dari pada program kita untuk dapat bersinergi meningkatkan perekonomian masyarakat menuju Sumut Bermartabat," pungkasnya.*
Editor : Sisie
Kategori : Pendidikan, Umum, Gonews Group, Karo, Sumatera Utara
www www