SIMALUNGUN-Nagori (desa)Tigabolon Kecamatan Sidamanik mengadakan musyawarah dusun (musdus) guna penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa(RPJMDesa) untuk periode 2019-2025.

Demikian dikatakan Pendamping Desa Tekhnik Infrastruktur Kecamatan Sidamanik Herry Togi Manalu saat mendampingi Pangulu (Kepala Desa) Tigabolon Marisno Saragih Sitio pada acara musyawarah dusun di dusun II Tara Bunga, Selasa (1/10/2019).

Herry menambahkan RPJMDesa dilakukan bagi setiap pemimpin baru di desa. "Karena beliau (Pangulu) baru menjabat sebagai Pangulu, maka diadakan musyawarah dusun untuk penyusunan RPJMDesa selama dia menjabat, "ujarnya.

"Sesuai Permendagri 114 tahun 2014 paling lambat selama 3 bulan sejak dilantik bagi Kepala Desa yang baru, penyusunan RPJMDesa sudah harus selesai, "jelas Herry.

Sementara itu Pangulu Nagori Tigabolon Marisno Saragih Sitio mengatakan dalam minggu ini masyawarah dusun di 8 dusun yang ada di Nagori Tigabolon harus selesai dilakukan. "Musyawarah dusun dilakukan untuk menampung usulan warga, untuk selanjutnya nanti akan kembali dibahas di musyawarah desa, "ungkapnya.

"Sejauh ini acara musyawarah dusun yang kita laksanakan berjalan lancar. Sudah 5 dusun yang kita adakan musdus, 3 dusun lagi harus selesai minggu ini karena harus dimusywarahkan lagi nanti pada saat musdes untuk penetapan usulan setiap dusun dan ditetapkan pada RPJMDesa periode 2019-2025," ucap Marisno Pangulu yang baru dilantik oleh Bupati Simalungun pada Agusutus lalu.

Salah seorang warga setempat Luhut Siregar sangat mengapresiasi kegiatan musdus. "Sangat kita apresiasi karena kita langsung menyampaikan usulan kita kepada Pangulu dan berharap nantinya usulan tersebut ditampung dsn terlaksana didusun kami, "katanya.

Adapun usulan yang disampaikan warga dusun II pada acara musdus yakni, rabat beton sepanjang 1500 meter, parit pasangan lingkungan sepanjanjang 2000 meter, pemeliharaan ternak(pembuat kandang bagi pemilik) saluran irigasi pertanian 300 meter, cekdam,pola tertib tanam, jalan tani 4000 meter, pemeriksaan bagi lansia, serta les private bagi pelajar.*