LABUHANBATU - Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu sementara Adul Karim Hasibuan menghadiri upacara hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019 sekira pukul 08.00 di Lapangan Ika Bina Rantauprapat.

Pada Hari Kesaktian Pancasila yang mengambil tema "Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia",
Abdul Karim Hasibuan didaulat sebagai pembaca Ikrar Pancasila, sedangkan Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe selaku pembina upacara.

Turut hadir pada peringatan upacara tersebut, Bupati Labuhanbatu, Kapolres Labuhanbatu, Wakil Ketua DPRD, Dandim 02/09 LB, Kajari Labuhanbatu, Ketua Pengadilan Agama, Unsur Forkopimda Labuhanbatu, OKP, Ormas dan Pelajar.

Saat ditemui awak media, Abdul Karim Hasibuan mengatakan bangsa Indonesia harus menanamkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Agar nilai-nilai pancasila itu menyatu kepada para anak muda, pancasila harus kita amalkan, agar nilai-nilai pancasila itu menyatu, karena dengan mengamalkan Pancasila tentu akan tercapai kesejahteraan, bangsa yang beragama dan beradab," jelasnya.

Makna 1 Oktober di Hari Kesaktian Pancasila, menurut Haris, memiliki makna sebagai hari perkabungan nasional, karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut.

Tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan.

Pada akhir 1965, diperkirakan sekitar 500 ribu hingga 1 juta anggota atau pendukung PKI diduga menjadi korban pembunuhan.