Home >  Berita >  Peristiwa

Peduli Pengembangan Kualitas SDM,LPMAP Bekerjasama Kemendagri Gelar Pelatihan Siskeudes di Palas

Peduli Pengembangan Kualitas SDM,LPMAP Bekerjasama Kemendagri  Gelar Pelatihan Siskeudes di Palas
Narasumber dari Kemendagri memberikan pemaparan tentang Siskeudes versi terbaru 20.2 sesuai surat edaran Mendagri
Selasa, 01 Oktober 2019 06:59 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS -Dalam pengembangan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi perangkat desa se Kabupaten Padang Lawas (Palas) Lembaga Pelatihan Manajemen Administrasi Pemerintah (LPMAP ) bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri RI Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada perangkat desa dan pendamping kecamatan Senin (30/9/2019) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Tujuan aplikasi versi 2.0.2 dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa efektif ,efisien ,transparan dan akuntabel Kemendagri telah merilis Aplikasi sistim keuangan desa (Siskeudes versi 2.0.2).

Narasumber Imam Fatkuroji dari Kemendagri menjelaskan aplikasi Siskeudes merupakan aplikasi resmi pemerintah yang merupakan alat bantu berbasis sistem informasi yang bertujuan untuk memudahkan pemerintah desa dalam penatausahaan keuangan desa.

Hal itu berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 yang dibangun dan dikembangkan oleh Tim bersama pengembangan dan penerapan aplikasi sistim keuangan desa , berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 900.05.8366Tahun 2018 tanggal 29 Oktober 2018.
Ads

Sementara Indra Gunawan menjelaskan, oleh Tim bersama pengembangan dan penerapan aplikasi Siskeudes 2.0.2.telah melakukan perbaikan dan penambahan menu serta fitur dalam.aplikasi untuk mengakomodir interkoneksi aplikasi Siskeudes 2.0. dengan aplikasi online monitoring sistim perbendaharaan dan angaran negara (OM+SPAN) sehingga penyampaian laporan penyerapan dan capaian output dana desa dalam mendukung kelancaran penyaluran dana desa setiap tahapannya dapat dilakukan secara efektif.

Menurutnya berkaitan denga dengan versi terbaru aplikasi Siskeudes 2.0.2.tersebut ,Gubernur ,Bupati/Walikota untuk mengoordinasikan ,memfasilitasi serta memberikan dukungan pembiayaan percepatan penerapan aplikasi Siskeudes 2.0.2 dimaksud,kata Indra Gunawan.

Sebelumnya dari pihak LPMAP, S. Sitorus mengatakan, Siskeudes versi 2.0.2 yang terbaru ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Palas.

Tujuannya agar sumber daya manusia (SDM) perangkat desa lebih maju dalam mengelola sistem keuangan desa yang lebih transparan dan akuntabel sehingga memberikan manfaat yang efektif dan efiseinsi terkait keuangan dana desa.

"Kegiatan bimtek Siskeudes versi 2.0.2 ini dilaksanakan tiga gelombang di Kabupaten Palas ,"kata Sitorus. Kata Sitorus, setelah bimtek diberikan untuk kontribusi nyata dalam pengembangan SDM ,akan ditunjuk dua orang pendamping kecamatan dan Kabupaten selama tiga bulan lamanya.

“Bimtek yang dilaksanakan ini ,sangat penting karena bertujuan meningkatkan kualitas yang pada akhirnya berdampak terhadap kualitas SDM terhadap perangkat desa itu sendiri ,tandas Sitorus.*
www www