MEDAN-Dampak polusi udara yang disebabkan oleh kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Sumatera dan Kalimantan secara kesehatan akan menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Untuk itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan terpilih Habiburrahman memberikan sosialisasi pencegahan ISPA pada ratusan pelajar di Medan.

"Hal ini juga menjadi upaya kita untuk meminimalisir bahaya kabut asap yang menyelimuti wilayah kota Medan belakangan ini. Sebab sebagai wakil rakyat ini menjadi tanggung jawab saya atas kesehatan masyarakat Medan. Maka hari ini kita juga membagikan masker kepada pelajar-pelajar ini," sebut Politisi Nasional Demokrat (NasDem) pada wartawan di Perguruan Harapan Mandiri Jl Brigjen Katamso Medan, Rabu (25/9/2019).

Selanjutnya Habiburrahman menyampaikan motivasi terhadap para pelajar agar memanfaatkan hal-hal positif. Anggota dewan yang masih berumur 23 tahun ini berharap agar siswa gigih belajar dan memanfaatkan program yang disediakan pemerintah.

“Kalian harus lebih giat belajar sebagai generasi penerus. Saya siap memfasilitasi kepentingan kalian kepada pemerintah. Untuk itu jadilah orang yang dapat dihitung bukan orang yang diperhitungkan," tegasnya yang didampingi jajarannya.

Politisi muda ini mengatakan, sebelumnya dia telah menyoroti dan menyuarakan agar Pemko Medan bersama instansi terkait mengambil langkah upaya mengantisipasi bahaya kabut asap. Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan sudah diminta agar mengumumkan kualitas pencemaran udara di Medan.

"Kita berharap kebakaran hutan dan lahan ini cepat teratasi dan pada pihak-pihak yang bertanggung jawab atas ini segera diberikan hukuman yang setimpal," pungkasnya.*