NISEL-Antisipasi Asap, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membagikan masker kepada warga.

Pantauan wartawan di lapangan, saat pembagian masker di sejumlah lokasi seperti di Simpang Lima Telukdalam, Rabu, (25/9/2019) dilakukan langsung oleh Kadis Kesehatan Megawati You didampingi Kepala Pelaksana BPBD Nisel, Ampuni Dakhi, Sekretaris Dinas Kesehatan, Siti Nurani Lase, Kabid Kesehatan Masyarakat, Asni Lase, Kabid P2P, Berkat Baene, Kabid SDK, Sri Rahmat Wati Wau, Kepala UPTD Puskesmas Telukdalam, Kartini Dakhi, sejumlah staf Dinkes dan Puskesmas Telukdalam serta sejumlah personil Sat Lantas Polres Nias Selatan.

Masker dibagikan kepada warga diantaranya kepada Pelajar dan warga yang mengendarai kendaraan bermotor serta para penjalan kaki yang melintasi Jalan Diponegoro Simpang Lima Telukdalam.

Selain di Simpang Lima, pembagian masker itu juga turut dibagikan kepada warga di Pasar Jepang Telukdalam dan di Simpang Baloho Jalan Saonigeho, Km 2 Telukdalam.

Kadis Kesehatan Nisel didampingi sejumlah Kepala Bidang kepada sejumlah wartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihak Pemkab Nisel untuk mengantisipasi salah satu penyakit yakni infeksi saluran pernapasan atas (Ispa) akibat kabut asap yang menyelimuti wilayah Nias Selatan.

"Kami jajaran Dinas Kesehatan hingga jajaran Puskesmas dan BPBD Nisel membagikan masker kepada warga sebagai salah satu untuk mengantisipasi atau mencegah penyakit saluran pernafasan dengan adanya kabut asap," ujarnya.

Pemakaian masker, kata dia, bukan hanya sekedar dipakai namun memiliki fungsi dalam untuk mencegah penyakit Ispa. "Salah satu juga motto kami adalah ketuk pintu dan melayani dengan hati. Meskipun disana sini masih ada kekurangan, namun kita tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat," sebutnya.

Ia menambahkan, sekitar 6000 lebih masker dibagikan kepada masyarakat dan ditargetkan bisa lebih karena stok yang sudah dipersiapkan pihaknya ada sekitar 10.0000 masker.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk berperilaku hidup sehat sebagaimana yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat yakni Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Saat ditanya apakah pihaknya sudah siap melayani masyarakat jika ada yang mengalami penyakit Ispa, ia menjawab, pihaknya siap melayani dan stok obat disetiap Puskesmas juga sudah ada.

"Jika misalnya stok obat habis di Puskesmas Pihak Dinas Kesehatan siap memback-up ketersediaan obat. Kita telah instruksikan seluruh Puskesmas untuk membagikan masker kepada warga guna mengantisipasi penyakit Ispa akibat dari kabut asap.dan setiap Puskesmas siap melayani pasien yang mengalami penyakit Ispa dan disamping itu saya juga sudah sampaikan untuk melakukan penyuluhan," tukasnya.*