ASAHAN- Seluruh stakeholder baik dari pemerintah kabupaten Asahan, dan aparat kepolisian melalui Polhut di Polres Asahan bersama TNI saling bahu membahu untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terdadi di Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang kabupaten Asahan, Selasa (24/9/2019)

Pejabat daerah yang langsung turun tangan diantaranya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, Taufik ZA dan Kapolres Asahan, AKBP Faisal F. Napitupulu.

Dua pejabat ini terlihat sibuk ikut menyiramkan air bersama aparat kepolisian, TNI, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Asahan serta warga setempat.

Sekada Asahan, Taufik ZA mengatakan luas lahan yang terbakar mencapai 30 hektar. Sampai saat ini masih ditelusuri penyebab kebakaran. Menurutnya, hutan dan lahan gambut sangat riskan untuk terbakar apalagi di musim kemarau.

"Alhamdulilllah kebakaran sepertinya sudah mulai bisa dikendalikan berkat kerjasama yang baik seluruh petugas dan warga " katanya.

Sebelumnya, untuk mengatasi kebakaran hutan ini Kapolres Asahan, AKBP Faisal F. Napitupulu mengelar apel gabungan Satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran, Taufik mengatakan, Pemkab Asahan bersama aparat Kepolisian dan TNI telah membuat kanal-kanal dan sumur di sejumlah titik sebagai sumber air untuk memadamkan kebakaran. *