LABURA - Bupati Labuhanbatu Utara H. Khairuddin Syah, SE di dampingi Beberapa OPD Labura antara lain, Asisten Pemerintahan dan Kesra Nur Rahman, Kadis Koperasi UMKM Syahrul Adnan Hasibuan, Kadis Perhubungan Heri Wahyudi, Kadis Perijinan M. Asril, Kasat Pol PP Irwansyah Pohan, meresmikan Pabrik Santan Kelapa PT. Indo Coco Prima Lestari. Peresmian Pabrik Santan Kelapa itu ditandai dengan penakanan tombol sirine dan pembukaan tirai PT. Indo Coco Prima Lestari kemudian di lanjutkan dengan pengguntingan pita serta penandatanganan batu prasasti serta diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Labura dan juga Ketua DPRD Labura Drs. H. Ali Tambunan, di dampingi pimpinan PT. Indo Coco Prima Lestari Efendi/Akiong, di Desa Pangkalan Lunang, pada Senin (23/9).

Dalam sambutannya, Bupati Labura mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Ahan Taniman selaku pendiri Pabrik Santan Kelapa, dengan di bangunnya Pabrik ini akan membuka lowongan kerja kepada masyarakat.

“Kehadiran pabrik ini merupakan salah satu jawaban terhadap masalah yang kita hadapi”, ucap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan dengan didirikannya Pabrik Santan Kelapa ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Labura.

Pada bagian lain, Bupati menjelaskan dalam undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas, pasal 74 ayat (1) mengamanatkan, perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan atau berkaitan dengan sumber daya alam, wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, atau CSR.

Penyaluran dana CSR ini, bisa berupa bea siswa anak tidak mampu, pembangunan fasilitas umum dan sosial dan lain-lain.

Sebelumnya, Ketua DPRD Labura Drs. H. Ali Tambunan dalam sambutannya mengatakan yang paling bahagia pada hari ini adalah masyarakat Kec. Kualuh Leidong, sebab telah dibuka lowongan kerja dengan berdirinya Pabrik Santan Kelapa ini.

Lebih lanjut, Ali menambahkan Ahan ini sudah bisa mendapatkan penghargaan dari Pemkab Labura atas jasa nya yang sudah membangun Pabrik PT. Indo Coco Prima Lestari di kampung halamannya.

Ali meminta kepada pihak PT. Indo Coco Prima Lestari agar menegakan disiplin kepada kariawan di dalam bekerja, jika ada kariawan yang memakai Narkoba silahkan di pecat.

“Kalau ada kariawan yang mengkosumsi Narkoba silahkan pihak PT memberikan sangsi, atau di pecat, saya dan Bapak Bupati tidak akan membela”, ucap Ali.

Efendi/Akiong selaku pimpinan PT. Indo Coco Prima Lestari, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Labura.

Efendi menceritakan, memiliki inspirasi untuk mendirikan Pabrik Santan, dengan seringnya melewati dan melintas dari Tanjung Leidong, ke Desa Simandulang, Desa Bangun Baru dan Desa Sei Kepayang, dia melihat banyaknya masyarakat memiliki tanaman kelapa.

“Maka saya berpikir alangkah baiknya saya buat Pabrik Santan di Kualuh Leidong ini, karena banyaknya bahan baku yang ada”, ucapnya.