Selama masa kehamilan, tentu penting bagi seorang ibu untuk selalu menjaga kesehatan diri dan kandungan. Perlu diingat bahwa janin akan tumbuh dan berkembang dengan sehat sampai lahir jika ibunya juga sehat. Oleh karena itu berikut ini adalah cara menjaga kesehatan yang perlu diperlakukan ibu saat hamil.
  1. Menjaga nutrisi makanan
Hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan adalah nutrisi dari makanan. Jika setiap hari kita bisa mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang, maka kita bisa sehat selama kehamilan. Isilah piring dengan makanan yang mengandung protein, mineral, lemak baik, dan vitamin.

Bagi sang ibu, makanan bergizi tentu sangat baik untuk menambah stamina serta terhindar dari risiko kesehatan selama kehamilan, berat badan tetap terjaga, serta mengurangi gejala-gejala kehamilan yang terkadang cukup mengganggu. Pola makan yang teratur membuat sang ibu juga bisa terbebas dari depresi saat hamil.

  1. Konsumsi vitamin prenatal
Rutin mengonsumsi vitamin prenatal baik untuk menjaga kesehatan kandungan ibu hamil. Walau nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil sebenarnya sudah dipenuhi dari makanan, namun vitamin bisa melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan.

Pada umumnya vitamin prenatal mengandung asam folat dan vitamin B. Perkembangan otak serta sumsum tulang belakang bayi dan mencegah bagi lahir dengan cacat bisa didukung oleh asam folat. Vitamin ini harus dikonsumsi sejak kita belum hamil, lalu bicarakan tentang vitamin ini bersama dokter agar mengetahui jenis vitamin mana yang kita butuhkan serta tidak terjadi efek samping saat.

  1. Rajin berolahraga
Saat hamil, kita tetap harus rajin berolahraga. Penting bagi ibu hamil agar tetap berolahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Selain melancarkan sirkulasi darah dan oksigen, dengan olahraga kita memiliki otot yang kuat serta mengurangi stres saat hamil. Dengan rutin berolahraga, maka kecerdasan bayi dalam kandungan bisa berkembang dengan baik,

Cobalah meluangkan waktu selama 30 menit setiap hari agar bisa berolahraga. Ada beberapa pilihan olahraga yang tepat bagi ibu hamil, agar tidak terlalu menjadi beban. Contohnya jalan santai, yoga, dan renang. Olahraga tersebut secara umum aman dilakukan selama usia kehamilan.

  1. Tidak merokok dan minum alkohol
Agar kesehatan bayi saat kehamilan tetap terjaga dan terhindar dari keguguran hindarilah rokok dan alkohol. Kebiasaan buruk tersebut bisa meningkatkan bayi lahir lebih cepat, cacat, dan berat badan yang rendah. Maka pastikan lingkungan kita bisa terbebas dari asap rokok serta alkohol.

  1. Menjaga berat badan
Kita diwajibkan untuk makan makanan bergizi saat masa kehamilan secara teratur. Makan teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan menjaga berat badan kita tetap ideal. Jika kita memiliki berat badan normal sebelum masa kehamilan, maka dianjurkan untuk menaikkan berat badan 11 sampai 16 kilogram, Namun jika sangat kurus cobalah untuk menaikkan berat badan 13 hingga 18 kilogram.

Kenaikkan berat badan tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan ibu dan bayi. Pertambahan berat badan menunjukkan gizi ibu hamil dan janin yang berkembang dalam kandungan. Disarankan kita menambah kalori hingga 300 setiap hari untuk memenuhi kebutuhan berat badan dalam satu hari. Perhatikan porsi, frekuensi makan, dan jenis makanan agar kita tidak mengalami kelebihan berat badan.

Berat badan yang berlebih tidak bagus bagi ibu hamil karena bisa membuat pola hidup sehat menjadi kacau. Oleh karena itu diskusikan dengan dokter kandungan agar bisa mengontrol berat kita tetap normal. Sebaiknya kita juga rutin meminum air putih agar berat badan terjaga dan terhindar dehidrasi.

Selain menjalani pola hidup sehat, ibu hamil memerlukan perlindungan lain yang lebih baik. Risiko kesehatan yang kita alami cukup tinggi saat hamil, terutama saat proses persalinan. Oleh karena itu untuk mengurangi dampak dari risiko kesehatan yang terjadi kita memerlukan asuransi.

Manfaat asuransi bagi ibu hamil menjamin masa depan anak tetap cerah, biaya yang dikeluarkan tidak besar, serta kestabilan keuangan. Ada banyak sekali produk asuransi jiwa dan kesehatan dengan premi cukup murah, sehingga kita tidak perlu lagi berpikir panjang lagi untuk memiliki asuransi.