SERDANG BEDAGAI- Dalam rangka memperingati Dirgahayu Rebublik Indonesia ke - 74 tahun, Anak Keramat (ANKER) warga masyarakat di Dusun III, Desa Leberia, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sedang Bedagai, Sumatera Utara, gelar perlombaan, Minggu (18/8/2019).

Dalam meriahkan perlombaan tersebut Kepala Desa Leberia, Iryansyah putra dan Bhabinkatibmas Polsek Teluk Mengkudu, Brigadir Yosi, Bripka Jayadi bagian intelkam dan insan pers, sugiono, Herman Batu bara selaku ASN pemkab sergai dan masyarakat sekitar dalam ikut peran meriahkan ikut perlombaan tarik tambang.

Kemudian dalam perlombaan tersebut tim pemuda setempat dikalahkan oleh tim Kades bersama timnya dengan posisi juara I. Kades Leberia, Iryansyah Putra kepada Gosumut dilokasi mengatakan bahwa kegiatan ini berkat adanya kekompakan bagi kaum pemuda -pemudi tergabungan Anak Keramat(ANKER) dan lapisan masyarakat sekitar khususnya Desa Leberia dalam ikut peran meriahkan hari kemerdekaan RI ke- 74 tahun.

Menurut dia, untuk desa leberia ini ada tiga lokasi yang ikut menyelenggarakan perlombaan untuk meriahkan Hut RI ke 74 tahun. Adapun kegiatan perlombaan hari ini yakni di Dusun III dan dusun I. "Sedangkan Dusun II akan diadakan oleh remaja mesjid pada tanggal 20 Agustus 2019," kata Kades Leberia, Iryansyah Putra kepada Gosumut dilokasi.

"Hal ini berkat kekompakan seluruh pemuda -pemudi dengan lapisan masyrakat desa leberia. Bahkan kegiatan perlombaan ini setiap tahunya diadakan dengan biaya swadaya maupun bantuan anak perantuan yang ikut peran memberikan bantuan dalam rangka meriahkan Hut kemerdekaan RI ke 74 tahun."ujarnya.

"Mudah-mudahan kedepanya kegiatan ini terus bergulir dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke- 74 tahun,"pungkasnya Kades leberia Iryansyah Putra.

Menanggapi hal ini, Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian kepada Gosumut memberikan apresiasi atas penyelenggarakan 17 agustus ini yang dilakukan seluruh pemerintah Desa khususnya di kecamatan Teluk Mengkudu.

Dimana seluruh masyarakat indonesia merayakan hari kemerdekaan dengan meriah dan penuh suka cita. Selain upacara bendera, masih banyak rangkaian acara untuk menyambut dan memeriahkan hari jadi Indonesia.

Terutama macam perlombaan 17 Agustus 2019 tahun ini, dimana hari ini pemerintah desa terdiri Desa Leberia dan Sialang Buah dan Desa Matapao menggelar perlombaan memiliki beberapa manfaat. Hal ini untuk mengenang jasa para pahlawan, meningkatkan kebersamaan dan persatuan, melatih kerja sama dan kekompakan, meningkatkan rasa cinta kepada tanah air.

"Semoga perlombaan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya,"tandas Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagiaan.*