TOBASA-Bupati Kabupaten Toba Samosir Jumat (16/7/2019) beserta 40 orang personil Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian didampingi Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus,M.Si.

Ke 40 orang personil Paskibra ini akan bertugas untuk upacara peringatan hari Kemerdekaan RI Ke 74 pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 di Tanah lapang Sisingamangaraja XII Balige Kabupaten Tobasa.

Acara pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta mengheningkan cipta yang dilanjutkan dengan pembacaan pengantar pengukuhan dan pengucapan ikrar Pemuda Indonesia yang diucapkan oleh Purna Paskibraka Indonesia Johannes Butarbutar, yang selanjutnya diikuti oleh seluruh Anggota Paskibra lainnya.

"Bertindak sebagai inspektur Upacara Bupati Toba Samosir membacakan surat pengantar pengukuhan, atas berkat Rahmad Allah Yang Maha Esa pada hari ini jumat (16/8/2019) dengan ini saya secara resmi mengukuhkan anak-anakku sekalian sebagai Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Tobasa Tahun 2019, Semoga Allah Yang Maha Kuasa memberkati dan meridoi Anak-Anakku Sekalian Dalam melaksanakan Tugas Mulia Ini, ” ucap Bupati Darwin.

Selanjutnya oleh Bupati anggota purna Paskibraka Indonesia atas nama Graze Natasa Hutajulu dipercaya sebagai pembawa lambang Paskibra serta pangkat peserta, untukmselanjutnya pemasangan tanda pengukuhan secara simbolis oleh Bupati yang diwakili oleh pemimpin upacara untuk selanjutnya secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Tobasa Darwin Siagian.

Pengukuhan ke 40 orang personil Paskibra Kabupaten Toba Samosir disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Tobasa Ir.Hulman Sitorus,M.Si, Unsur Forum koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo ,S.I.K, mewakili Kejari Balige Charles Hutabarat, Mewakili Ketua PN Balige Sipayung Ketua DPRD Ir.Boyke Pasaribu,M.Si, Wakil Ketua DPRD Toni Simanjuntak, S.Sos dan Wakil Ketua DPRD Winner Sinambela,Eekda Kab.Tobasa Drs. Audi Murphy Sitorus, SH, M.Si serta beberapa Pejabat dan Kepala SKPD Pemkab Tobasa.

Bupati Tobasa Darwin Siagian dalam sambutannya menyampaiian bahwa anggota Paskibra saat ini adalah para Putra Putri terbaik Kabupaten Tobasa, yang memiliki keistimewaan bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendara pada saat Upacara Peringatan HUT RI ke 74 Tahun 2019 tanggal 17 Agustus 2019.

"Tetapi harus bisa menunjukkan siswa/i yang berprestasi, berdisiplin, Beretika dan bermoral yang baik serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Jadilah kalian sebagai generasi penerus bangsa untuk menuju masa depan yang lebih maju dan unggul, yang telah menguasai IPTEK dan teruslah berkarya dengan berkepribadian yang baik, ulet, tegar, jujur dan pantang menyerah serta berjuanglah demi kemajuan Kabupaten Tobasa. Kami berharap kepada seluruh anggota Paskibra agar mampu memberi pengaruh positif baik dilingkungan tempat tinggal dan pergaulan di masyarakat,"ungkapnya.

Turut dihadiri Pimpinan OPD se Kabupaten Tobasa ,Dan Ramil Balige Kapten Poltak Pardede, Kapolsek Balige AKP Jumpa Aruan SE , Sub Denpom Balige Lettu (CPM) Muklis. Para Kabag Setdakab dan Para Orangtua dan keluarga peserta Paskibra.*