Medan-Setelah berhasil menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, pada 23 Juli 2019 lalu, bayi kembar siam bernama Adam dan Malik asal Tapanuli Utara (Taput) minggu depan sudah bisa pulang rawat jalan.

“Bahkan Senin (besok) keduanya akan pindah keruangan awal yakni Ruang Perinatologi merupakan ruang rawat biasa sebab kondisinya mereka sangat baik Hasil operasinya juga bagus. Tinggal ganti perban bekas operasi saja," kata Kasubag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak, Minggu (4/8/2019).

Lanjut Rosa, untuk berapa lama rawat jalan yang harus dijalani keduanya tidak bisa dipastikan. Sebab tergantung kondisi keduanya. “Bayi kembar siam yang terlebih dahulu di pisah yakni Sahira Fahira sampai sekarang masih melakukan rawat jalan di RSUP Haji Adam Malik. Jadi harus lihat kondisinya dulu karena setiap case berbeda-beda,” ucapnya.

Bayi kembar pasangan Juliadi Silitonga dan Nurida br Hombing ini bahkan sudah bisa bermain satu sama lainnya. Mulai makan dan minum juga berjalan-jalan di sore hari menggunakan stroller barunya. “Pasca operasi ada dermawan yang memberikan stroller buat keduanya stroller inilah yang digunakan untuk membawa jalan-jalan keduanya. Bahkan dermawan tersebut juga membiayai tempat tinggal sementara (kost) kedua bayi kembar siam,” beber Rosa tanpa menyebutkan nama dermawan tersebut.

Meskipun, Senin ini bayi kembar siam dipindah keruangan awal, akan tetapi tetap dalam pengawasan khusus untuk keduanya.

Seperti diketahui, bayi kembar siam usia 7 bulan asal Tapanuli Utara (Taput) berhasil dipisah oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, pukul 11.53 WIB, Selasa (23/7). Bayi kembar yang diberi nama Adam dan Malik ini menjalani proses operasi pemisahan sekitar 5 jam.

Persiapan panjang selama 7 bulan yang dilakukan pihak rumah sakit akhirnya berbuah manis. Ketua Tim Penanganan Bayi Kembar Siam Adam dan Malik, Prof DR H Guslihan Dasa Tjipta SpA(K) mengatakan saat ini kedua bayi kembar siam telah berada di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) di Gedung Central Medical Unit (CMU) Lantai 3.*