PALAS-Siswa SMK N 1 Sosa Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang mengikuti sosialisasi tentang lingkungan hidup narkoba dan bahaya berita hoax mengakui kegiatan sosialisasi ini menambah wawasan ilmu pengetahuan yang menjadi motivasi bahan pelajaran dilingkungan sekolah.

Dengan adanya program TMMD Satuan Tugas (Satgas)melaksanakan kegiatan bentuk non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kodim 0212/TS ,yang cukup gencar untuk kalangan pelajar salah satunya tentang lingkungan hidup ,Kamis (1/8/2019).

Yanti Siswa SMK Negeri 1 Sosa kelas II mengakui, banyak mendapat ilmu pengetahuan yang dapat dipetik dari semua kegiatan sosialisasi baik materi selain lingkungan hidup juga soal bela Negara, bahaya narkoba serta hukum.

?“Kegiatan ini sangat bagus karena saya mendapatkan wawasan baru yang sangat bermanfaat,” kata Yanti , usai mengikuti kegiatan yang dilaksana. Kodim 0212/TS.

Yanti sangat terkesan , banyak ilmu pengetahuan yang didapat dari kegiatan sosialisasi lingkungan hidup dan bela negara karena kita paham bagaimana generasi muda harus berperan dalam bela negara.

“Ketidakpaham untuk makna bela bangsa dan negara. Ternyata mengandung informasi yang sangat penting. Kita harus waspada dalam menyikapi berita berita ,jangan mudah percaya sama informasi yang enggak jelas sumber dan isi kebenarannya, atau yang suka disebut hoaks,” jelasnya.

? Hal senada diungkapkan Ahmad, pelajar kelas II SMK ini menyatakan hal yang sama. Ia bersama teman teman sekolahnya sangat berterima kasih karena telah mendapatkan materi soal bahaya narkoba dan tentang lingkungan hidup serta bahaya berita hoax.

?Kata Ahmad, penting bagi generasi muda untuk rajin membaca agar wawasan pola pikir semakin luas serta kita tidak menjadi korban penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak moral generasi muda menjadi hancur.

“Jadi kita semakin paham dampak kalau pake narkoba, beresiko cukup tinggi bagi kehidupan anak bangsa , sehingga harus menghindarinya jangan sempat terjerumus , generasi muda terjerumus karena akibat pergaulan bebas ,” katanya.

Program yang dikomandoi Dansatgas TMMD 105 Kodim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto itu telah menyambangi beberapa sekolah. "Dengan tujuan membekali generasi muda terutama remaja untuk memantapkan wawasan pengetahuan agar dapat memperkokoh sikap dan kepribadian remaja yang sedang mengalami masa pancaroba.

?"Para remaja harus diberikan pengetahuan yang baik secara terpadu agar mereka tidak terperosok kedalam kehancuran akibat narkoba dan pergaulan bebas.,generasi muda adalah aset penerus bangsa ”sebut Dansatgas TMMD ke 105 Kodim 0212/TS.*