PALAS-Bahaya sampah menarik perhatian semua pihak termasuk Pemerintah.Tidak ketinggalan Satgas Manunggal Membangun Desa (TMMD) mengelar sosialisasi ke siswa tentang persoalan sampah.

Satgas TMMD bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten (DLHK) Kabupaten Padang Lawas (Palas) memberikan pengetahuan kepada siswa i SMK Negeri 1 Sosa tentang bahaya sampah terhadap lingkungan disekolah tersebut diikuti seratusan siswa dan tenaga pengajar atau guru, Rabu (24/7/2019).

Pasiter Kodim 0212/TS Lettu Inf Syaipul Abdi mengatakan, persoalan sampah yang disosialisasikan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa sebagai generasi penerus tentang bahaya sampah yang dapat merusak lingkungan hidup.

?Menurut Syaiful, menjaga kebersihan lingkungan sangat penting, dalam melestarikan lingkungan dari pencemaran. Melalui kegiatan sosialisasi ini generasi penerus bangsa, dapat mengimplementasikan ditengah masyarakat bahwa sangat penting menjaga lingkungan dari berbagai sampah buangan rumah tangga dan lainnya.

"Kalau lingkungan bersih tentu memberikan rasa nyaman dan terhindari dari berbagai macam serangan penyakit. Sebaliknya ,kalau lingkungan kotor berdampak kumuh dan menjadi ancaman bahaya bagi kehidupan manusia mendatangkan segala bentuk kuman penyakit akan mudah menyebar sehingga warga rentan terserang penyakit,"pasiter Kodim 0212/TS.

Alfi Sahrin Utusan dari Dinas DLHK mengatakan, bahwa sampah bisa menjadi pupuk non organil dan organik, "untuk itu mari kita jaga lingkungan kita dengan memanfaatkan sampah menjadi pupuk,” ajaknya.

?Dipapar Sahrin, dengan memanfaatkan sampah menjadi pupuk non organik dan organik maka kita juga sudah memelihara lingkungan kita, baik disekolah maupun di lingkungan masyarakat , dan kita juga dapat mencegah pemanasan global.

“Jangan kita membuang sampah sembarangan karena dapat mencemari lingkungan kita, mari kita kumpulkan dan kita jadikan sampah sebagai pupuk non organik dan organik yang berguna bagi pertanian kita,” sebut Alfi.

Hadir dikegiatan itu ,Kadis Pertanian Ir.Abdullah Nasution ,utusan DLHK Kabupaten Palas Alfi Sahrin, Pasiter Kodim 0212/TS, Kepala sekolah SMK.N.I SOSA Ahmad Pohan dan siswa SMK.N 1 Sosa.*