LABURA - Perayaan HUT ke 73 Bhayangkara tahun 2019 yang dilaksanakan jajaran Kepolisian Polres Labuhanbatu berlangsung meriah dan dihadiri pimpinan Kepala BANNK Labura, Lafbor Cabang Medan, Forkompinda, OPD kabupaten Labuhanbatu, Labura, Labusel, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Pramuka, Senkom dan Sahabat Polisi, Rabu (10/7/2019).

HUT Bhayangkara ini dipimpin Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara, H. Khairuddin Syah Sitorus dan selaku inspektur upacara, H Buyung pun melakukan pemeriksaan kesiapan seluruh personel peserta apel.

Dalam apel ini, Bupati Labura Khairuddin Syah Sitorus membacakan amanah Presiden Republik Indonesia Ir. H.Joko Widodo dalam HUT ke 73 Bhayangkara kepada Kepolisian Republik Indonesia.

"Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuatnya institusi Polri cepat berpuas diri, namun sebaiknya menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks," jelasnya.

Menurutnya, terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri. Selain itu pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang cyber.

"Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian menjadi ancaman bagi kerukunan persatuan dan kesatuan bangsa kita," bilang dia.

Di lain sisi, H Buyung menyampaikan, berbagai kejahatan lintas negara seperti peredaran narkotika dan human trafficking terus memerlukan penanganan secara profesional. Begitu juga dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti tindak pidana korupsi, illegal fishing illegal mining dan illegal logging harus diberantas demi melindungi kepentingan masyarakat bangsa dan negara. Demikian pula kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat harus ditindak secara tegas dan berkeadilan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat.

"Oleh karena itu sebelum mengakhiri amanat ini saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dan terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin Kompleks serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045," tandasnya.