TAPUT-Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, SH bersama Manager Pemasaran PLN Sumut Hasiholan Purba dan GM PLN UP 3 Sibolga Poltak TP Samosir menghadiri Peresmian 'Sibandang Green Island' bertempat di Desa Sibandang Kecamatan Muara, (Jumat,(5/7/2019).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tapanuli Utara melaksanakan telekonferensi dengan Wakil Gubernur Sumut H. Musa Rajekshah yang didampingi GM PLN Sumut Feby Joko Priharto dan para undangan lainnya, bertempat di Balai Agung Astakona, Medan.

Sesuai dengan salah satu Visinya untuk menjadi daerah tujuan wisata, Pemkab Tapanuli Utara telah membangun jalan lingkar lalu, menetapkan Pulau Sibandang sebagai daerah bebas polusi. "Hal ini dilaksanakan dengan membatasi masuknya kendaraan bermotor yang menggunakan BBM sehingga nantinya para wisatawan dapat menikmati konsep wisata 'back to nature',"ucap Wakil Bupati.

Dia mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak PLN bersama dengan Pemerintah Povinsi Sumatera Utara dalam mendukung pembangunan di Tapanuli Utara khususnya sektor pariwisata.

Menurutnya, Danau Toba memiliki beberapa pulau, salah satunya adalah Pulau Sibandang dengan luas wilayah 711,8 Ha dengan jumlah penduduk 2.054 jiwa yang terdiri dari 3 Desa, yaitu Sibandang, Papande dan Sampuran. Kami mengharapkan kedepannya perhatian Pemerintah Provinsi akan selalu bertambah untuk mendukung pembangunan Tapanuli Utara," ujar Sarlandy mengakhiri sambutannya.

Dalam sambutan GM PLN Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, program ini sebagai upaya Pengembangan pariwisata di Kecamatan Muara seraya dia mengajak masyarakat peduli lingkungan. Menurutnya, bahwa ketersediaan energi listrik di Sibandang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro dan sudah 100 persen masyarakat Pulau Sibandang telah menggunakan listrik prabayar.

"Dengan kecukupan pasokan energi listrik yang dimiliki PLN akan mampu membebaskan Sumatera Utara dari masalah energi listrik. Lalu, mampu mengurangi pemakaian masyarakat pada bahan bakar dari fosil demi kelestarian lingkungan," ucap GM Feby Joko Priharto.

Peresmian 'Sibandang Green Island' ditandai dengan membunyikan sirene oleh Wakil Gubernur dan dilanjutkan penandatangan SPJBTL Layangan Prioritas serta prasasti gapura.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati menerima secara simbolis bantuan dari pihak PLN yang selanjutnya diserahkan kepada para Kepala Desa dan masyarakat dan pada kesempatan itu dilakukan peresmian Stasion Penyedia Listrik Umum (SPLU).

Sementara itu, bantuan yang diserahkan antara lain: sepeda motor listrik, becak bermotor listrik, kompor induksi, Budidaya Pengrajin Ulos dan pembangunan gapura.

Acara peresmian itu diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung 'Sibandang Green Island' oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara bersama pihak PLN bersama-sama masyarakat.*